Wofdabox: Tingkatkan Pengetahuan Kearifan Lokal Sidoaro Pada Siswa Dalam Satu Dekapan

Main Article Content

Ni’matur Rochmah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas Wofdabox, sebuah media pembelajaran interaktif berbasis digital, yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang kearifan lokal Sidoarjo. Wofdabox dirancang agar mudah diakses dan digunakan oleh siswa, dalam konteks "satu dekapan" (praktis dan menyenangkan), dengan tujuan memperkaya pemahaman siswa terhadap budaya lokal melalui metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 3D (Define, Design, and Develop).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wofdabox efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang kearifan lokal Sidoarjo. Dari hasil uji coba, 85% siswa mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman mereka tentang kebudayaan lokal setelah menggunakan media tersebut. Selain itu, 90% siswa menyatakan bahwa Wofdabox mudah digunakan dan menarik, sehingga meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, Wofdabox terbukti menjadi media pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk mendukung pemahaman siswa tentang kearifan lokal.

Article Details

How to Cite
Rochmah, N. (2025). Wofdabox: Tingkatkan Pengetahuan Kearifan Lokal Sidoaro Pada Siswa Dalam Satu Dekapan. Advances in Education Research, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.56495/aer.v1i1.733
Section
Articles

References

Dalila, A. A., Rahmah, S., Liliawati, W., & Kaniawati, I. (2022). Effect of differentiated learning in problem-based learning on cognitive learning outcomes of high school students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2116–2122. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1839

Gaitas, S., Carêto, C., Peixoto, F., & Castro Silva, J. (2024). Differentiated instruction: ‘To be, or not to be, that is the question.’ International Journal of Inclusive Education, 28(11), 2607–2623. https://doi.org/10.1080/13603116.2022.2119290

Hakim, A. L. (2023). Role of character education in national character building: A retrospection noble values of Muslim religiosity. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 8(1), 161–182. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v8i1.1735

Kartika, I., Saepudin, S., Norman, E., & Uswatiyah, W. (2023). Instilling religious character values in elementary school students through Islamic religious education learning. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 9(4), 100. https://doi.org/10.29210/020232598

Novita Sari, F., Indrawati, & Wahyuni, D. (2022). Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan kolaborasi dan kemampuan berpikir kritis siswa IPA SMP. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 105–114. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.241

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Putri, S. A., & Prafitasari, A. N. (2023). Analisis implementasi konsep pembelajaran diferensiasi dalam mata pelajaran biologi pada era digital 4.0 di kelas X. ScienceEdu, 6(1), 16. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39701

Rokhim, A., & Anwar, M. K. (2021). Pembuatan media pembelajaran huruf hijaiyah pada platform Android menggunakan metode ADDIE. Spirit, 13(2). https://doi.org/10.53567/spirit.v13i2.214