Wofdabox: Tingkatkan Pengetahuan Kearifan Lokal Sidoaro Pada Siswa Dalam Satu Dekapan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas Wofdabox, sebuah media pembelajaran interaktif berbasis digital, yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang kearifan lokal Sidoarjo. Wofdabox dirancang agar mudah diakses dan digunakan oleh siswa, dalam konteks "satu dekapan" (praktis dan menyenangkan), dengan tujuan memperkaya pemahaman siswa terhadap budaya lokal melalui metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 3D (Define, Design, and Develop). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wofdabox efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang kearifan lokal Sidoarjo. Dari hasil uji coba, 85% siswa mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman mereka tentang kebudayaan lokal setelah menggunakan media tersebut. Selain itu, 90% siswa menyatakan bahwa Wofdabox mudah digunakan dan menarik, sehingga meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, Wofdabox terbukti menjadi media pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk mendukung pemahaman siswa tentang kearifan lokal.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Dalila, A. A., Rahmah, S., Liliawati, W., & Kaniawati, I. (2022). Effect of differentiated learning in problem-based learning on cognitive learning outcomes of high school students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2116–2122. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1839
Gaitas, S., Carêto, C., Peixoto, F., & Castro Silva, J. (2024). Differentiated instruction: ‘To be, or not to be, that is the question.’ International Journal of Inclusive Education, 28(11), 2607–2623. https://doi.org/10.1080/13603116.2022.2119290
Hakim, A. L. (2023). Role of character education in national character building: A retrospection noble values of Muslim religiosity. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 8(1), 161–182. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v8i1.1735
Kartika, I., Saepudin, S., Norman, E., & Uswatiyah, W. (2023). Instilling religious character values in elementary school students through Islamic religious education learning. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 9(4), 100. https://doi.org/10.29210/020232598
Novita Sari, F., Indrawati, & Wahyuni, D. (2022). Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan kolaborasi dan kemampuan berpikir kritis siswa IPA SMP. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 105–114. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.241
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Putri, S. A., & Prafitasari, A. N. (2023). Analisis implementasi konsep pembelajaran diferensiasi dalam mata pelajaran biologi pada era digital 4.0 di kelas X. ScienceEdu, 6(1), 16. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39701
Rokhim, A., & Anwar, M. K. (2021). Pembuatan media pembelajaran huruf hijaiyah pada platform Android menggunakan metode ADDIE. Spirit, 13(2). https://doi.org/10.53567/spirit.v13i2.214