Peran Orang Tua Di Dalam Usaha Meningkatkan Prestasi Belajar Anak di Madrasah Kota Binjai
Main Article Content
Abstract
Prestasi belajar anak merupakan salah satu indikator keberhasilan pendidikan. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar anak salah satunya adalah peran orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam usaha meningkatkan prestasi belajar anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar anak, melalui cara-cara seperti menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, orang tua dapat memberikan fasilitas belajar yang layak di rumah dalam menunjang program belajar anak. Mengatur waktu belajar anak di rumah. Mengawasi dan membimbing anak dalam proses belajar. Mengkomunikasikan perkembangan prestasi anak dengan guru di sekolah. Mengatasi kesulitan belajar yang dialami anak, seperti membantu anak menyelesaikan tugas sekolah. Mengembangkan keterampilan yang dimiliki anak. Memberikan apresiasi serta memberikan motivasi kepada anak. Oleh karena itu, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung proses belajar anak. Sehingga anak dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa orang tua harus lebih aktif dalam mendukung proses belajar anak.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afni, N., & Jumahir, J. (2020). Peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 108–139.
Ahdar, A., & Wardana, W. (2019). Belajar dan pembelajaran: 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis.
Arwen, D. (2021). Pentingnya peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 564–576.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Language, 188, 22 cm.
Jailani, M. S. (2014). Teori pendidikan keluarga dan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Kamus besar bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Rahmah, S. (2017). Peran keluarga dalam pendidikan akhlak. Al-Hiwar: Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah, 4(7).
Rahmi, H. P. (2021). Proses belajar anak usia 0 sampai 12 tahun berdasarkan karakteristik perkembangannya. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152–155.
Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat belajar konsep pada peserta didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 75–83.
Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20–28.