Strategi Guru Dalam Memahami Gaya Belajar Anak di Tingkat SMP Sekota Binjai
Main Article Content
Abstract
Setiap anak memiliki gaya belajar yang unik dalam menyerap, mengolah, dan mengaplikasikan informasi. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang digunakan guru dalam memahami gaya belajar siswa tingkat SMP di Kota Binjai. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap gaya belajar—seperti visual, auditori, dan kinestetik—berperan penting dalam efektivitas pembelajaran. Strategi guru meliputi pengamatan perilaku belajar siswa, pemilihan media dan metode pengajaran yang sesuai, serta penyesuaian berkelanjutan terhadap kebutuhan individual siswa. Guru yang mampu menerapkan strategi pembelajaran yang responsif terhadap gaya belajar siswa dapat meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan hasil belajar siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, adaptif, dan mendukung optimalisasi potensi siswa secara menyeluruh.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.