Hubungan Tingkat Penghasilan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTs Sabilal Akhyar
Main Article Content
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dalam kehidupan manusia. Proses ini berlanjut sepanjang hidup dan dicapai melalui tiga cara: pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan pendidikan nonformal. Status sosial orang tua (tingkat pendapatan) sangat penting bagi pendidikan anak. Keluarga dengan tingkat pendapatan yang baik tidak hanya memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti memenuhi kebutuhan pendidikan anak, namun tentunya juga berpengaruh terhadap perkembangan perhatian pada pemenuhan kebutuhan sehari-hari termasuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan orang tua terhadap pendidikan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendapatan orang tua berpengaruh terhadap pendidikan anak. Ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi, seperti tingkat pendidikan orang tua, kemampuan anak, dan faktor eksternal lainnya. Namun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh tingkat pendapatan orang tua terhadap pendidikan anak lebih mendominasi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afni, N., & Zaifullah, Z. (2022). Analisis kemampuan ekonomi orang tua dalam melanjutkan pendidikan anak di perguruan tinggi (Studi pada masyarakat Kota Poso Kabupaten Poso) di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1), 576–585. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3830
Aisyah. (2021). Pengaruh pendapatan orang tua terhadap prestasi akademik mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2017 IAIN Palopo. (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Astuti, R. P. F. (2016). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, literasi ekonomi dan life style terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 49–58. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.36
Chotimah, L. N., Ani, H. M., & Widodo, J. (2017). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa (Studi kasus siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jember tahun ajaran 2016/2017). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(1), 75–80. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.5004
Djali. (2008). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.
Eryanto, H., & Swaramarinda, D. R. (2013). Pengaruh modal budaya, tingkat pendidikan orang tua dan tingkat pendapatan orang tua terhadap prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(1), 39-61.
Fitrianingsih, F., Genjik, B., & Rosyid, R. (2016). Pengaruh pendapatan orang tua terhadap tingkat pendidikan anak desa Sungai Asam Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 5(5), 1–11.
Hadiyanto, H. (2014). Pengaruh pendidikan, pekerjaan dan pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA. Jurnal ekonomi pendidikan dan kewirausahaan, 2(2), 171-185.
Iswara, D. (2016). Pengaruh tingkat ekonomi orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SDN 1 Simo tahun 2015/2016. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Matus, D. A. (2016). Pengaruh tingkat pendapatan dan tingkat pendidikan orang tua serta disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri di bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2), 136-148.