Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar (Studi Kuantitatif)

Main Article Content

Dinda Naomira
Intan Khumaira

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Media audio visual diyakini mampu meningkatkan pemahaman materi dengan menggabungkan unsur visual dan auditori dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen yang melibatkan dua kelompok siswa SMA, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media audio visual dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes akhir standar digunakan untuk mengukur hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, dengan perbedaan yang signifikan secara statistik (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan agar media audio visual dimanfaatkan secara optimal dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan pemahaman materi oleh peserta didik.

Article Details

How to Cite
Naomira, D., & Khumaira, I. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar (Studi Kuantitatif). Advances in Education Research, 1(2), 105–108. https://doi.org/10.56495/aer.v1i2.971
Section
Articles

References

Andi, R. (2012). Pengaruh media audio visual terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi, 8(2), 45–55.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Daryanto. (2010). Media pembelajaran: Sebuah pendekatan baru. Gava Media.

Hamzah, A. (2013). Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 5(3), 123–130.

Hartley, J. (2001). Teaching and learning through media. Routledge.

Mayer, R. E. (2005). The Cambridge handbook of multimedia learning. Cambridge University Press.

Prasetyo, Z. (2014). Efektivitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan, 12(4), 85–92.

Sriyanto, H. (2012). Pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 50–61.

Sudjana, D. (2011). Metode statistik untuk penelitian pendidikan. Sinar Baru Algensindo.

Widyastuti, S. (2014). Pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan, 17(1), 35–42.