Kontribusi Orang Tua Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak
Main Article Content
Abstract
Motivasi belajar anak merupakan elemen penting dalam pencapaian prestasi akademik dan keberhasilan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak dari berbagai aspek, seperti dukungan emosional, penyediaan fasilitas belajar, pengawasan akademik, hingga gaya pengasuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara dan observasi terhadap 10 siswa sekolah dasar dan orang tua mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif orang tua, baik dalam mendampingi anak belajar, memberikan pujian dan hadiah, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, maupun menjalin komunikasi dengan pihak sekolah, berdampak positif terhadap semangat dan ketekunan anak dalam belajar. Selain itu, gaya pengasuhan yang demokratis juga ditemukan lebih efektif dalam menumbuhkan motivasi belajar dibandingkan gaya otoriter atau permisif. Temuan ini menegaskan bahwa peran orang tua tidak hanya sebagai pendukung, tetapi juga sebagai fasilitator dan motivator utama dalam proses pendidikan anak. Oleh karena itu, kolaborasi antara keluarga dan sekolah perlu diperkuat guna membangun lingkungan belajar yang holistik dan berkelanjutan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.
Gunawan, R. (2020). Peran keluarga dalam pendidikan karakter anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 45–59.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Self-determination theory: Basic psychological needs in motivation, development, and wellness. Guilford Publications.
Santrock, J. W. (2018). Educational psychology. McGraw-Hill.
Slameto. (2019). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Suyanto, S. (2021). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di era digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 89–103.
Wahyudi, A. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 33–47.
Widiastuti, R. (2019). Strategi meningkatkan motivasi belajar anak. Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(3), 120–135.
Yusuf, M. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 67–81.
Zubaidah, S. (2020). Pengaruh keterlibatan orang tua terhadap prestasi akademik anak. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 55–70.