Pelatihan Pembuatan Konten Video Pendidikan bagi Calon Wisudawan Prodi PAI UIN Gusdur Pekalongan
Jurnal Pengabdian Masyarakat Larisma
PDF

Keywords

Konten Video
Video Pendidikan
Pembuatan Konten

How to Cite

Imas Saffanatul Aminah, Arditya Prayogi, Ahmad Ta’rifin, M. Syaifuddin, Imam Prayogo Pujiono, Brilianu Sentanu Vito, & Widodo Hami. (2024). Pelatihan Pembuatan Konten Video Pendidikan bagi Calon Wisudawan Prodi PAI UIN Gusdur Pekalongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Larisma, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.56495/jpml.v1i1.520

Abstract

Peningkatan kemampuan pendidik di era society 5.0 dalam bentuk peningkatan kemampuan dalam memproduksi konten video, utamanya video pendidikan menjadi sesuatu yang penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era saat ini. Para (calon) pendidik harus selalu melakukan inovasi dan kreatifitas supaya mampu bersaing, salah satunya adalah mampu membuat konten video pendidikan untuk selanjutnya disebarluaskan dan dipublikasi di media online atau sosial media. Dengan demikian, kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini dilakukan dengan tujuan membekali peserta kegiatan bagaimana cara membuat sebuah konten video pendidikan dengan benar dan diharapkan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam memproduksi konten video pendidikan yang dapat berdampak pada meningkatnya kualitas pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode service learning dengan pemberian ceramah teoritis serta praktik secara langsung. Dari hasil kegiatan didapatkan hasil bahwasanya para peserta kegiatan memiliki pemahaman yang baik atas materi yang disampaikan dan telah memiliki kemampuan secara mendasar terkait upaya pembuatan konten video pendidikan. Kegiatan ini juga memiliki dampak sosial yang didasarkan pada respon yang baik yang diberikan oleh para peserta kegiatan.

https://doi.org/10.56495/jpml.v1i1.520
PDF

References

Adriawan, B., & Prayogi, A. (2024). Dinamika Pembangunan Madrasah di Kota Bogor pada Era PELITA V. Storia: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Humaniora, 5(1), 1-18.

Apdilah, S., & Prayogi, A. (2024). MODERNISASI MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN:(Studi pada Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Kabupaten Pemalang). Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(1), 63-77.

Cahyono, A. S. (2016). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA. Publiciana, 9(1), 140-157.

Cantika, A. S. (2022). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TARI DI SANGGAR BHAGASKARA MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(2), 305-317.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV. Kaaffah Learning Center.

Kastawi, N. S., & Yuliejantiningsih, Y. (2019). engembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru untukMeningkatkan Mutu Pendidikan. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 157-168.

Mardiah, & Prayogi, A. (2024). Penerapan Metode Ceramah Plus dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik SMP NU Kajen. Action Research Journal, 1(2), 82-95.

Marita, T., & Prayogi, A. (2024). Telaah Deskriptif Motivasi Berprestasi Mahasiswa Penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). RUKASI: Jurnal Ilmiah Perkembangan Pendidikan dan Pembelajaran, 1(02), 54-64.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). PENGARUH TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100.

Muwaffiqoturrizqi, & Prayogi, A. (2023). Implementasi Metode Story Telling Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keteladanan Bagi Peserta Didik Di SD Negeri 13 Kebondalem Pemalang. Educatia: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 13(2), 239-258.

Prayogi, A., Anwar, S., Defi, M. A., Zulfa, N., Ananda, D. F., Azzahra, K., ... & Itsnaini, A. R. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Hadrah Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Keterampilan Kesenian Islam Siswa di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(8).

Prayogi, A., Zain, N. F. M., Diniyanto, A., & Pujiono, I. P. (2024). Penguatan Pemahaman Tahapan Desain Produksi Film pada Unit Kegiatan Mahasiswa Film UIN Gusdur Pekalongan. FUNDAMENTUM: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(2), 01-06.

Prayogi, A., Zain, N. F. M., Prasetya, D., & Baryachi, B. (2024). Sosialisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri bagi Siswa SMA di Pekalongan: Upaya Meningkatkan Partisipasi Pendidikan Tinggi. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Lentera, 1(02), 45-53.

Sahnan, A., & Wibowo, T. (2023). ARAH BARU KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(1), 29-43.

Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT), 2(2), 212-219.

Sari, A. S., Fadilaturrahmah, Kalsum, U., Yuliana, Juliansa, P. R., Putra, Y. S., & Tansilo, H. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Kinemaster. Jurnal Media Abdimas, 1(3), 41-45.

Siregar, D. R., Ratnaningsih, S., & Nurochim. (2022). PENDIDIKAN SEBAGAI INVESTASI SUMBER DAYA MANUSIA. Edunomia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(1), 61-71.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & S, A. I. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARANBERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.