https://jurnal.larisma.or.id/index.php/JPML/issue/feed Jurnal Pengabdian Masyarakat Larisma 2025-07-04T21:09:54+07:00 Elfrianto larisma2021@gmail.com Open Journal Systems Larisma, Lembaga Mutiara Akbar, JPML: Jurnal Pengabdian Masyarakat Larisma https://jurnal.larisma.or.id/index.php/JPML/article/view/957 Peningkatan Keterampilan Siswa Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi 2025-04-04T01:41:15+07:00 Elisabeth Margareta elisabeth.margareta@uhn.ac.id Sesilia Harmi Purba sesiliaharmi.purba@student.uhn.ac.id Aldi Francisco Siahaan aldifrancisco.siahaan@student.uhn.ac.id Desi Sagita Ronauli Sianipar desisagitaronauli.sianipar@student.uhn.ac.id <p>Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam penyelesaian masalah sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Dalam konteks pendidikan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan dampak signifikan terhadap proses pembelajaran. TIK memungkinkan guru untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, sekaligus membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Teknologi pendidikan, yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya online, dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa secara individual. Prinsip dasar dalam pengembangan teknologi pembelajaran mencakup pendekatan sistematis, berorientasi pada siswa, dan penggunaan sumber belajar yang beragam. Media pembelajaran berbasis teknologi, seperti Visme, Nearpod, Padlet, dan Canva, dapat merangsang minat belajar siswa dan meningkatkan motivasi serta prestasi akademik. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan sangat penting untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efisien dan menarik bagi siswa.</p> 2025-04-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Elisabeth Margareta, Sesilia Harmi Purba, Aldi Francisco Siahaan, Desi Sagita Ronauli Sianipar https://jurnal.larisma.or.id/index.php/JPML/article/view/1084 Latihan Reframing Diri dengan Bantuan AI: Tranformasi Pikiran Negatif menjadi Pikiran Positif 2025-06-02T10:41:44+07:00 Gusman Lesmana gusmanlesmana@umsu.ac.id Ali Amran aliamran@umsu.ac.id Deliati Deliati deliati@umsu.ac.id <p>Pola pikir negatif dapat menjadi hambatan serius dalam perkembangan pribadi dan kesejahteraan psikologis individu. Salah satu strategi efektif untuk mengatasi pola pikir negatif adalah <em>reframing</em>, yaitu proses mengubah cara pandang terhadap situasi atau pengalaman yang menimbulkan stres menjadi sudut pandang yang lebih positif dan konstruktif. Seiring dengan perkembangan teknologi, kecerdasan buatan (AI) mulai dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam intervensi psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi latihan <em>reframing</em> diri dengan bantuan AI serta mengkaji efektivitasnya dalam mengubah pola pikir negatif menjadi positif. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi kasus terhadap individu yang menggunakan aplikasi AI sebagai media latihan <em>reframing</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan <em>reframing</em> berbasis AI dapat membantu individu mengenali pola pikir negatif, memberikan umpan balik reflektif secara real-time, serta mendorong terbentuknya kebiasaan berpikir yang lebih adaptif. Temuan ini mengindikasikan bahwa AI berpotensi menjadi alat bantu yang efektif dalam proses pengembangan diri dan penguatan kesehatan mental.</p> 2025-06-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Gusman Lesmana, Ali Amran, Deliati Deliati https://jurnal.larisma.or.id/index.php/JPML/article/view/1184 Implementasi Pupuk Gemar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika di Komunitas Sahabat Prisma Peduli Medan 2025-07-04T21:09:54+07:00 Yasril Efendi Hamdy Siregar yasrilsiregar08@gmail.com Jihan Husna Fadillah jihanhusna0@gmail.com Nurhafipah Awalia nurhafipahawalia04@gmail.com Siti Nurhalizah sitinurkhalijah1@gmail.com Sri Aswita Hutabarat sriaswita1999@gmail.com Anjelina Khairani Hasibuan anjelinakhairani1@gmail.com Sungguhati Hafo sungguh4tihafo@gmail.com Ramadhani Ramadhani sungguh4tihafo@gmail.com Desniarti Desniarti desniarti@umnaw.ac.id Nurhafni Siregar nurhafnisiregar@umnaw.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran inovatif berupa Pop-Up Book dalam materi geometri bangun ruang guna meningkatkan minat belajar matematika anak-anak di Komunitas Sahabat Prisma Peduli, Medan. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pengabdian masyarakat oleh mahasiswa PPG Prajabatan, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Media Pop-Up Book dirancang dengan visual menarik dan interaktif, yang memungkinkan anak-anak memahami konsep tiga dimensi secara konkret dan menyenangkan. Implementasi dilakukan terhadap 20 peserta didik usia 9–14 tahun di Rumah Baca Prisma Peduli. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep bangun ruang serta peningkatan antusiasme belajar, dengan lebih dari 65% peningkatan pengetahuan rata-rata. Selain itu, peserta menunjukkan keterlibatan aktif dan sikap positif selama kegiatan berlangsung. Studi ini menegaskan pentingnya penggunaan media kreatif untuk mendukung pembelajaran matematika yang menyenangkan, serta mendorong pengembangan keterampilan guru dalam menciptakan media pembelajaran inovatif yang relevan dengan kebutuhan peserta didik.</p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Yasril Efendi Hamdy Siregar, Jihan Husna Fadillah, Nurhafipah Awalia, Siti Nurhalizah, Sri Aswita Hutabarat, Anjelina Khairani Hasibuan, Sungguhati Hafo, Ramadhani Ramadhani, Desniarti Desniarti, Nurhafni Siregar