Abstract
Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam penyelesaian masalah sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Dalam konteks pendidikan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan dampak signifikan terhadap proses pembelajaran. TIK memungkinkan guru untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, sekaligus membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Teknologi pendidikan, yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya online, dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa secara individual. Prinsip dasar dalam pengembangan teknologi pembelajaran mencakup pendekatan sistematis, berorientasi pada siswa, dan penggunaan sumber belajar yang beragam. Media pembelajaran berbasis teknologi, seperti Visme, Nearpod, Padlet, dan Canva, dapat merangsang minat belajar siswa dan meningkatkan motivasi serta prestasi akademik. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan sangat penting untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efisien dan menarik bagi siswa.
References
Desmawati, L., Suminar, T., & Budiartati, E. (2020). Penerapan model pendidikan kecakapan hidup pada program pendidikan kesetaraan di Kota Semarang. Edukasi, 12(1).
Lefudin, M. P. (2014). Belajar & pembelajaran: Dilengkapi dengan model pembelajaran, strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, dan metode pembelajaran. Deepublish.
Muin, A. (2017). Keterampilan berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran seni budaya di sekolah dasar. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(2).
Prawiradilaga, D. (2016). Mozaik teknologi pendidikan. Kencana.
Putri, N. P. (2020). Keterampilan Membaca: Teori Ferdinand De Saussure. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia), 3(1).
Sari, F. F., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Keefektifan model pembelajaran inquiry dan discovery learning bermuatan karakter terhadap keterampilan proses ilmiah siswa kelas V dalam pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 1–7.
SS, Y. S. D., & SE, M. M. (2013). Manajemen pembelajaran dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan, 6(13).
Syafril, M. P., & Zen, Z. (2019). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Prenada Media.
Zahri, T. N., Yusuf, A. M., & Neviyarni, S. (2017). Hubungan gaya belajar dan keterampilan belajar dengan hasil belajar mahasiswa serta implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. 6(1), 18–23.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan-keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema "Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad...
Zuhri, M. S. (2019). Suluk jalan terabas Gus Miek untuk meraih kebahagiaan: Studi terhadap Jemaah Dzikrul Ghofilin Gayungan Surabaya [Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya].

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Elisabeth Margareta, Sesilia Harmi Purba, Aldi Francisco Siahaan, Desi Sagita Ronauli Sianipar