Implementasi Pupuk Gemar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika di Komunitas Sahabat Prisma Peduli Medan
PDF (English)

Cara Mengutip

Siregar, Y. E. H., Fadillah, J. H., Awalia, N., Nurhalizah, S., Hutabarat, S. A., Hasibuan, A. K., Hafo, S., Ramadhani, R., Desniarti, D., & Siregar, N. (2025). Implementasi Pupuk Gemar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika di Komunitas Sahabat Prisma Peduli Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Larisma, 2(1), 13–17. https://doi.org/10.56495/jpml.v2i1.1184

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran inovatif berupa Pop-Up Book dalam materi geometri bangun ruang guna meningkatkan minat belajar matematika anak-anak di Komunitas Sahabat Prisma Peduli, Medan. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pengabdian masyarakat oleh mahasiswa PPG Prajabatan, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Media Pop-Up Book dirancang dengan visual menarik dan interaktif, yang memungkinkan anak-anak memahami konsep tiga dimensi secara konkret dan menyenangkan. Implementasi dilakukan terhadap 20 peserta didik usia 9–14 tahun di Rumah Baca Prisma Peduli. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep bangun ruang serta peningkatan antusiasme belajar, dengan lebih dari 65% peningkatan pengetahuan rata-rata. Selain itu, peserta menunjukkan keterlibatan aktif dan sikap positif selama kegiatan berlangsung. Studi ini menegaskan pentingnya penggunaan media kreatif untuk mendukung pembelajaran matematika yang menyenangkan, serta mendorong pengembangan keterampilan guru dalam menciptakan media pembelajaran inovatif yang relevan dengan kebutuhan peserta didik.

https://doi.org/10.56495/jpml.v2i1.1184
PDF (English)

Referensi

Agustin, Y. I., & Rindaningsih, I. (2022). Framework pembelajaran matematika realistik berbasis flipped classroom terhadap minat belajar siswa sekolah dasar di masa pasca pandemi. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1112–1123. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2862

Ahmadi, N., Arief, Z. A., & Wibowo, S. (2021). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar mata pelajaran Polmas di Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 36–43.

Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis minat belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang tahun pelajaran 2018/2019. J-Pimat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48.

Hasan, K., & Pasinggi, Y. (2020). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar kelas empat di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal of Education, 1(2), 200–209.

Ina Ledun, R. F., Kaluge, H., & Fernandez, J. A. (2020). Pengaruh kemandirian belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 153–160. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i2.771

Mattolianga, L. A., Wanasari, Nur, F., Rasyidd, M. R., & Baharuddine. (2020). Pengaruh minat belajar dan self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik. [Nama Jurnal Tidak Dicantumkan], 10(1), 53–62.

Meutia, P., Fahreza, F., & Rahman, A. A. (2020). Analisis dampak negatif kecanduan game online terhadap minat belajar siswa di kelas tinggi SD Negeri Ujong Tanjong. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Multiani, B., Hasmy, A., & Muskania, R. T. (2021). Pengaruh penggunaan media pop up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal Pontianak terhadap critical thinking skill peserta didik. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 35–44. https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i2.4350

Mutaqin, E. J., Nurjamaludin, M., & Alfiyanti, N. (2021). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap minat belajar IPA (studi eksperimen terhadap siswa kelas V SDN 1 Cibunar). Caxra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 73–81. https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1463

Ningsih, S. S. N., & Machali, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran scramble terhadap minat dan hasil belajar matematika di SD Negeri Nanggulan Maguwoharjo. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(2), 215–228.

Oktafiah, Y. (2023). Game sebagai media pembelajaran kreatif dan menarik untuk meningkatkan minat/motivasi belajar Bahasa Inggris pada anak sekolah dasar. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 781–792. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i5.6594

Prastiwi, H., Amin, S. M., Prihastuti, H., Muawanah, M., & Indrati, J. (2024). Upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan TARL: Penelitian tindakan kelas. Juwara: Jurnal Wawasan dan Aksara, 4(1), 150–159. https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.98

Ramadhani, M., Sukamto, S., & Damayani, A. T. (2020). Analisis kemampuan disposisi matematis pada pembelajaran matematika siswa SDN 01 Kebonsari Kabupaten Temanggung semester genap tahun ajaran 2019/2020. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an, 1(1), 37–[terpotong]. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v1i1.1109

Ritonga, L. L., & Sianipar, J. (2022). Hubungan pengetahuan kewirausahaan dan hasil belajar konstruksi kayu dengan minat kewirausahaan siswa kelas XI program keahlian teknik konstruksi kayu SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Educational Building, 2(1). https://doi.org/10.24114/eb.v2i1.3849

Rojanah, R. (2021). Penggunaan media visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Elementary Educational Research, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.30984/jeer.v1i1.43

Samad, A. (2021). Efektivitas model pembelajaran LAPS-heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Sungguminasa. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 108–123. https://doi.org/10.47650/elips.v2i2.274

Saputra, M. H., Tjahyo, B. F., & Ismayadewi, C. (2024). Implementasi permainan hijau-hitam untuk meningkatkan minat belajar lari 100 meter siswa kelas VII SMPN 11 Surabaya. Journal of Creative Student Research, 2(5), 34–41. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i5.4264

Wahyuni, N. L. A., Atmaja, N. B., & Kertih, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap minat belajar dan hasil belajar IPS pada peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Kesuma Sari Denpasar. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2(2), 59–65.

Yunika, P., Imansyah, F., & Riyanti, H. (2022). Pengaruh media pop-up book terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 758–764. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5310

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Hak Cipta (c) 2025 Yasril Efendi Hamdy Siregar, Jihan Husna Fadillah, Nurhafipah Awalia, Siti Nurhalizah, Sri Aswita Hutabarat, Anjelina Khairani Hasibuan, Sungguhati Hafo, Ramadhani Ramadhani, Desniarti Desniarti, Nurhafni Siregar