User Education Perpustakaan: Upaya Pembekalan Literasi Dasar Perpustakaan bagi Mahasiswa UIN Gusdur Pekalongan
Jurnal Pengabdian Masyarakat Larisma
PDF (English)

Cara Mengutip

Prayogi, A. ., Rizi Jawani, Akhiroh, & Markholis. (2024). User Education Perpustakaan: Upaya Pembekalan Literasi Dasar Perpustakaan bagi Mahasiswa UIN Gusdur Pekalongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Larisma, 1(1), 15–19. https://doi.org/10.56495/jpml.v1i1.546

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan pengabdian dengan basis perpustakaan perguruan tinggi. Hal ini karena perpustakaan perguruan tinggi juga menjalani peran sebagai supporting system tridharma perguruan tinggi yang dalam hal ini berupa kegiatan pengabdian. Kegiatan ini bertujuan agar para peserta kegiatan memiliki kemampuan literasi perpustakaan yang baik yang dapat menunjang kehidupan akademiknya. Kegiatan ini dilakukan dengan metode sosialisasi materi dengan dipadukan kegiatan tur perpustakaan. Dari hasil kegiatan didapatkan hasil bahwa kegiatan pengabdian ini dapat diterima dengan baik dan memiliki manfaat yang dapat dirasakan secara langsung oleh para peserta kegiatan. Kegiatan ini juga berdampak positif dan memberikan manfaat untuk meningkatkan budaya literasi perpustakaan bagi peserta yang dibuktikan dengan respon yang positif yang menyatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi mereka secara langsung dalam menunjang kehidupan akademik nantinya.

https://doi.org/10.56495/jpml.v1i1.546
PDF (English)

Referensi

Alam, S. (2014). MANFAAT ORIENTASI PENDIDKAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN. JUPITER, 13(2), 63-69.

Aminah, I. S., Prayogi, A., Ta'rifin, A., Syaifuddin, M., Pujiono, I. P., Vito, B. S., & Hami, W. (2024). Pelatihan Pembuatan Konten Video Pendidikan bagi Calon Wisudawan Prodi PAI UIN Gusdur Pekalongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Larisma, 1(1), 8-14.

Basuki, S. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Chamdi, A. N., & Suyanto. (2019). IMPLEMENTASI KEGIATAN LIBRARY TOUR DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT. SEMINAR PENGABDIAN MASYARAKAT II (SENADIMAS II) (pp. 314-319). Surakarta: Universitas Slamet Riyadi.

Fahmi, Y. (2013). DESAIN GEDUNG PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (ANTARA F UNGSI DAN NILAI ESTETIKA). KHIZANAH AL-HIKMAH, 1(2), 139-145.

Mardiah, & Prayogi, A. (2024). Penerapan Metode Ceramah Plus dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik SMP NU Kajen. Action Research Journal, 1(2), 82-95.

Prayogi, A., & Nasrullah, R. (2024). Concepts and Development of Islamic Science in the History of Science. International Journal of Noesantara Islamic Studies, 1(1), 51-62.

Prayogi, A., & Nasrullah, R. (2024). DESCRIPTIVE ANALYSIS OF THE TREASURES OF ISLAMIC SCHOOLS OF THOUGHT. Jurnal Studi Islam dan Sosial, 7(1), 1-13.

Prayogi, A., Hami, W., & Nasrullah, R. (2024). How Video Games Can Become a Tool for Social Policy Criticism: A Study. Social Sciences Insights Journal, 2(1), 37-45.

Qalyubi, S. (2007). Dasar-dasar ilmu perpustakaan dan informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI), Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga.

Ridwan, & Susanto, S. (2019). PENERAPAN APLIKASI SLIMS AKASIA DALAM PELAYANAN INFORMASI PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MATARAM PERIODE 2019. JIPER: Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1(1), 33-53.

Rodin, R. (2016). Evaluasi Kemampuan Literasi Informasi Pemustaka Perpustakaan Stain Curup Menggunakan Standar yang Dikembangkan ACRL. Al-Maktabah, 15(1), 81-94.

Septiani, N., & Prayogi, A. (2024). Pembiasaan Salat Zuhur dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik (Studi pada peserta didik di SDN 03 Kedungwuni Pekalongan). Islamic Learning Horizons: Journal of Islamic Education, 1(1), 36-45.

Tarigan, H. G. (1984). Membaca Ekspresif. Bandung: Angkasa.

Trinanda, L., & Marlini. (2015). PELAKSANAAN PENDIDIKAN PEMAKAI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 4(1), 17-23.

Widiastutik, S., & Ardriani, N. N. (2018). PROGRAM LIBRARY USER EDUCATION TERHADAP OPTIMALISASI LAYANAN PERPUSTAKAAN STMIK STIKOM INDONESIA. PUSTAKA, XVIII (1), 6-19.