Abstrak
Penerapan metode jarimatika di Pusat Pemulihan Dalam Komuniti (PPDK) Changlun dirancang untuk membantu anak-anak berkebutuhan khusus dengan pendekatan inovatif dan interaktif, menggunakan gambar animasi jari-jari tangan dan video digital sebagai visual. Metode ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif dengan mengintegrasikan teknik pengenalan angka melalui jari tangan dan teknologi digital. Namun, terdapat kendala berupa variasi tingkat kemampuan dan kebutuhan anak yang memerlukan penyesuaian metode secara berkelanjutan. Dukungan dari staf PPDK dan keterlibatan aktif pendidik dalam pelatihan sangat penting, bersama dengan fasilitas yang memadai dan antusiasme anak-anak terhadap kegiatan belajar. Evaluasi berkelanjutan, termasuk umpan balik dari pendidik dan anak-anak, dilakukan untuk menilai pencapaian tujuan pendidikan dan memperbaiki kualitas pembelajaran.
Referensi
Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. (2011). Pedoman umum penyelenggaraan pendidikan inklusif. Departemen Pendidikan Nasional.
Eliza, T. (2019). Strategi umpan balik sebagai alternatif strategi pembelajaran: Penerapan dan tantangan. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(2), 170. https://doi.org/10.30659/j.7.2.170-175
Gil, J. S., & Luton, J. W. (2009). Iberian explorations in Eastern North America during the 1500s: A lost chapter in U.S. history. International Journal of Interdisciplinary Social Sciences, 4(9), 51542. https://doi.org/10.18848/1833-1882/cgp/v04i09/51542
Indrawati, F. (2018). Jurnal Formatif 3(3): 215–223. Jurnal Formatif, 3(3), 215–223.
Putri, N. W. S., Suryati, K., Kartini, K. S., Krisna, E. D., & Kanaka, A. V. (2024). Implementasi video animasi dalam pembelajaran matematika permulaan di TK Dharma Putra. Jurnal PKM Widya Mahadi, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v4i2.3795
Rahman, A. A. (2018). Strategi belajar mengajar matematika. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Ratna Widya, F., & Lukmanulhakim. (2019). Pengenalan metode jarimatika dalam pembelajaran berhitung permulaan di TK Negeri Pembina. Kajian Semantik Peristilahan Adat Dalam Upacara Perkawinan Batak Toba, 2–8. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/37427/75676583928
Soulisa, I., Supratman, M., Rosfiani, O., Renaldi, R., Sopiah, S., Widya Tri Utomo, W., et al. (2022). Evaluasi pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung.
Suparni, S. (2015). Metode jarimatika kaitannya dengan pembelajaran operasi hitung perkalian di SD/MI. LOGARITMA: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan Dan Sains, 3(1), 138–156.
Swari, I. G. A. A. M., & Ambara, D. P. (2022). Video animasi mengenal huruf dan angka untuk menstimulus kemampuan kognitif dan bahasa anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 163–172. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47346

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta (c) 2024 Dini Aulia Apriansyah Putri, Devi Anugrah, Mimin Ninawati, Gufron Amirullah, Sri Lestari Handayani