Keteladanan Orang Tua dan Dampaknya Bagi Pendidikan Agama Untuk Materi Akhlakul Karimah
Main Article Content
Abstract
Fenomena rendahnya kompetensi sebagian pendidik dalam dunia pendidikan menuntut perbaikan segera, khususnya dalam pembentukan karakter anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami relevansi keteladanan orang tua dan guru dalam mendidik anak, ditinjau dari perspektif Abdullah Nashih Ulwan melalui kitab Tarbiyyah Al-Aulad fi al-Islam. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan historis dan filosofis serta teknik analisis deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan merupakan metode pendidikan yang paling efektif dalam membentuk kepribadian anak secara moral, sosial, dan spiritual. Abdullah Nashih Ulwan menekankan pentingnya figur teladan bagi anak dalam ucapan dan perbuatan yang konsisten dengan akhlakul karimah. Oleh karena itu, pendidik, baik orang tua maupun guru, harus mampu menjadi teladan yang baik agar nilai-nilai Islam dapat tertanam secara kuat dalam jiwa anak sejak usia dini.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmad, S., Kristiawan, M., Tobari, & Suhono. (2017). Desain pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III berbasis karakter di era masyarakat ekonomi ASEAN. Iqra’: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403–432.
Arief, A. (2002). Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan Islam. Ciputat Press.
Asnelly, I. (1998). Mendambakan anak shaleh: Prinsip-prinsip pendidikan anak dalam Islam. Al-Bayan.
Bambang, H. (2004). Konsep dasar pendidikan anak usia dini: Materi tutor dan pengelola pendidikan anak usia dini. BPPLSP Regional III Jawa Tengah.
Depdiknas. (2002). Kurikulum hasil belajar pendidikan anak usia dini. Depdiknas.
Eko, B. R. (2013). Pendidikan kecerdasan spiritual anak menurut ‘Abdullah Nasih ‘Ulwan dan relevansinya dengan pendidikan Islam (Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga).
Muhaimin, & Mujib, A. (1993). Pemikiran pendidikan Islam: Kajian filosofik dan kerangka dasar operasionalnya. Trigenda Karya.
Mushodiq, M. A., & Suhono. (2017). Ajaran Islam Nusantara di dalam kamus santri tiga bahasa Indonesia-Inggris-Arab karya Slamet Riyadi dan Ainul Farihin (Studi analisis semiotika dan konsep pribumisasi Islam Abdurrahman Wahid). Lingua Scientia, 9(2).
Muthar, & Widodo, E. (2000). Konstruksi ke arah penelitian deskriptif. Auyrous.
Nasih ‘Ulwan, ‘Abdullah. (1412 H). Tarbiyyah al-aulad fi al-Islam. Dar as-Salam.
Nasih ‘Ulwan, ‘Abdullah. (1999). Pendidikan anak dalam Islam. Pustaka Amani.
Subagiyo, P. J. (1991). Metode penelitian dan praktek. Rineka Cipta.
Suhono, & Sari, Y. A. (2017). Babbling stage construction of children’s language acquisition on rural area Lampung. Jurnal SMART, 3(2).