Kontribusi Guru Agama Islam Didalam Membantu Para Siswa Untuk Kegiatan Belajar Membaca Al-Qur’an

Main Article Content

Muhammad Katon BagasKara
Abdul Halim

Abstract

Penelitian ini membahas kontribusi guru agama Islam dalam membantu siswa belajar membaca Al-Qur'an di sekolah. Membaca Al-Qur'an merupakan keterampilan penting bagi umat Islam, tetapi tidak semua siswa mampu menguasainya dengan baik. Salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran membaca Al-Qur'an adalah peran guru agama Islam. Guru tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing dan teladan bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memahami secara mendalam bagaimana guru agama Islam berkontribusi dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur'an. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait pendidikan Islam di sekolah. Analisis data dilakukan dengan pendekatan Miles dan Huberman, yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru agama Islam memiliki peran strategis dalam membimbing siswa membaca Al-Qur'an melalui metode pembelajaran yang efektif dan pendekatan personal. Selain itu, kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang mencakup literasi Al-Qur’an turut memperkuat budaya membaca di lingkungan sekolah.

Article Details

How to Cite
BagasKara, M. K., & Halim, A. (2025). Kontribusi Guru Agama Islam Didalam Membantu Para Siswa Untuk Kegiatan Belajar Membaca Al-Qur’an. Advances in Education Research, 1(2), 82–86. https://doi.org/10.56495/aer.v1i2.946
Section
Articles

References

Akbar, I. P., Mahmudah, I., & Fatimah, S. (2025). Peran Mahasiswa MBKM Mengajar Mengaji untuk Membantu Siswa MI Darul Ulum Palangka Raya dalam Membaca Al-Qur’an dengan Baik. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 23-34.

Lestari, P. D., Tohir, A., Pamungkas, A., & Sulistianah, S. (2024). Kompetensi guru PAUD dalam mengelola kelas yang menyenangkan di TK Al Rizkika Natar. Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, 6(1), 12–18. https://doi.org/10.52647/jep.v6i1.129

Mahmuda, O. V., Andrizal, A., & Sarmidin, S. (2024). Analisis faktor penyebab kesulitan membaca al-qur’an terhadap siswa siswi SMP N 7 Singingi. JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 4(2), 289-301.

Sinaga, D. Y., & Setiawan, H. R. (2024). Program pembelajaran literasi Al-Qur’an dalam peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 10(1), 27–38. http://www.jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1167

Wulandari, W. N. K., & Fridari, D. A. I. G. (2024). Bagaimana menghadapi kecemasan pada mahasiswa semester akhir? : sebuah literature review. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 52–61. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285

Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2023). Peran penting pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115