Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa
Main Article Content
Abstract
Pembentukan karakter merupakan tujuan utama pendidikan dalam menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga bermoral dan berintegritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi guru dalam membentuk karakter siswa di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus, melalui observasi dan wawancara terhadap guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi efektif mencakup pembelajaran berbasis nilai, penguatan perilaku positif, keterlibatan orang tua, keteladanan guru (modeling), serta partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Faktor pendukung utama berasal dari lingkungan keluarga dan sekolah, sedangkan faktor penghambat meliputi kurangnya pengawasan keluarga serta pengaruh negatif teknologi. Temuan ini menegaskan pentingnya peran aktif guru dan kolaborasi dengan orang tua dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pengembangan karakter siswa secara holistik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran berbasis karakter di sekolah.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Daryanto. (2017). Strategi pembelajaran karakter. Ghalia Indonesia.
Hidayati, N. (2018). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 45–56.
Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter. Bumi Aksara.
Noor, R. M. (2012). Membaca karakter anak secara efektif di sekolah dan rumah. Pedagogi.
Prasetyo, E. (2019). Peran keluarga dalam pendidikan karakter anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 89–97.
Rahman, A. (2020). Strategi pembelajaran untuk membangun karakter siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 201–210.
Ridwan. (2016). Pendidikan karakter (mengembangkan karakter anak yang Islami). Bumi Aksara.
Setiawan, B. (2021). Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 34–42.
Sudrajat, A. (2019). Peran guru dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan, 10(2), 123–130.
Suyanto, J. (2010). Pendidikan karakter dalam pembelajaran. Andi.
Widiastuti, R. (2022). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap pembentukan karakter siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(4), 150–158.
Zurqoni. (2019). Sikap spiritual dan sikap sosial. Ar-Ruzz Media.