Peran Bimbingan Belajar Pada Peserta Didik Yang Mengalami Kesulitan Besar Mata Pelajaran
Main Article Content
Abstract
Kesulitan belajar pada mata pelajaran tertentu menjadi tantangan serius yang dapat menghambat perkembangan akademik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran bimbingan belajar dalam membantu peserta didik yang mengalami kesulitan besar dalam memahami materi pelajaran. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi terhadap peserta didik dan tutor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan belajar berkontribusi signifikan dalam meningkatkan pemahaman materi, prestasi akademik, motivasi, serta kepercayaan diri peserta didik. Strategi yang diterapkan meliputi pendekatan individual, pembelajaran berbasis teknologi, pembelajaran kooperatif, serta pemberian dukungan emosional. Bimbingan belajar juga membantu peserta didik mengembangkan pola belajar mandiri dan keterampilan berpikir kritis. Dengan demikian, bimbingan belajar bukan hanya pelengkap pendidikan formal, tetapi menjadi komponen penting dalam membentuk sikap positif dan kesiapan belajar peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan penerapan bimbingan belajar secara sistematis dan terstruktur agar dampaknya terhadap pencapaian akademik semakin optimal.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bagus, S. N., Anwar, W. S., & Suchyadi, Y. (2022). Analisis bimbingan belajar siswa berkesulitan membaca. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 2(2), 137-142.
Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi, L. (2021). Model pembelajaran discovery learning guna membentuk sikap peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar: sebuah kerangka konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109-117.
Syarifah, H., Poli, D. T., Ali, M., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. (2020). Kapabilitas badan penanggulangan bencana daerah kota balikpapan dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 398-407.
Yuliarta, I. W., & Rahmat, H. K. (2021). Peningkatan kesejahteraan melalui pemberdayaan masyarakat pesisir berbasis teknologi sebagai upaya memperkuat keamanan maritim di Indonesia. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 180-189.
Zakiyah, A., Rahmat, H. K., & Sa'adah, N. (2022). Peran konselor lintas agama dan budaya sebagai problem solving masyarakat multibudaya. Al-Ihtiram: Multidisciplinary Journal of Counseling and Social Research, 1(1), 45-60.