Dampak Penggunaan Metode Pembelajaran Yang Efektif di Dalam Menyelesaikan Suatu Permasalahan

Main Article Content

Dwi Apriani
Yulia Intan Br Karo Karo

Abstract

Metode pembelajaran yang efektif memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari metode pembelajaran yang efektif terhadap peningkatan pemahaman, kreativitas, dan keterampilan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengeksplorasi pengalaman pendidik dan peserta didik dalam penerapan berbagai metode pembelajaran yang berfokus pada penyelesaian masalah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis pemecahan masalah, diskusi, dan pendekatan kontekstual mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta keterampilan analitis peserta didik. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran yang tepat sangat diperlukan untuk menghasilkan individu yang lebih kompeten dalam menghadapi tantangan di dunia nyata.

Article Details

How to Cite
Apriani, D., & Karo Karo, Y. I. B. (2025). Dampak Penggunaan Metode Pembelajaran Yang Efektif di Dalam Menyelesaikan Suatu Permasalahan. Advances in Education Research, 1(2), 113–115. https://doi.org/10.56495/aer.v1i2.973
Section
Articles

References

Emzir. (2010). Metodologi penelitian pendidikan: Kuantitatif dan kualitatif. Rajawali Pers.

FKIP UMSU. (2023). Memahami metode pengajaran yang efektif dalam konteks pendidikan. FKIP UMSU. https://fkip.umsu.ac.id/memahami-metode-pengajaran-yang-efektif-dalam-konteks-pendidikan/

Guru Inovatif. (2023). Pendekatan pembelajaran berbasis masalah: Meningkatkan keterampilan siswa dalam pemecahan masalah. GuruInovatif.id. https://guruinovatif.id/artikel/pendekatan-pembelajaran-berbasis-masalah-meningkatkan-keterampilan-siswa-dalam-pemecahan-masalah/

Hardani, et al. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Grup.

Harsono, Y. M. (2008). Pengembangan metode pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Pustaka Edukasi.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Phumeechanya, N., & Wannapiroon, P. (2014). Ubiquitous scaffold learning environment using problem-based learning to enhance problem-solving skills and context awareness. arXiv. https://arxiv.org/abs/1401.2234

Quipper Campus. (2021). 8 jenis metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Quipper Blog. https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-life/n-jenis-metode-pembelajaran-efektif-menyenangkan/

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.