Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Metaphorming Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Main Article Content

Donny Ananta
Nurhayati Nurhayati

Abstract

Motivasi belajar siswa merupakan komponen penting dalam keberhasilan pendidikan. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempertahankan motivasi belajar karena metode pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode Metaphorming dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode ini menghubungkan konsep baru dengan pengalaman pribadi siswa melalui metafora, sehingga mendorong proses berpikir kreatif dan mendalam. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif melalui observasi dan angket pada 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan Metaphorming, sebagian besar siswa berada pada tingkat motivasi sedang hingga rendah. Setelah penerapan beberapa sesi pembelajaran menggunakan Metaphorming, terdapat peningkatan signifikan pada motivasi belajar siswa, dengan jumlah siswa bermotivasi tinggi meningkat dari 23% menjadi 56%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa Metaphorming dapat menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, kreatif, dan bermakna. Dengan demikian, metode ini efektif digunakan sebagai strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Ananta, D., & Nurhayati, N. (2025). Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Metaphorming Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Advances in Education Research, 1(2), 116–120. https://doi.org/10.56495/aer.v1i2.974
Section
Articles

References

Abdullah, D. K. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Anisya, D. (2022). Implementasi program literasi membaca 15 menit sebelum belajar sebagai upaya. Jurnal Perseda, 5(2), 132.

Anwar, B. (2019). Model pembelajaran metaphorming. Shaut Al-Arabiyah, 7(1), 79–80.

Drajati, N. A. (n.d.). Menghidupkan semangat pembelajaran yang bermakna dengan metaphorming. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/nurarifahdrajati/550041a0a33311a96f5108ee/menghidupkan-semangat-pembelajaran-yang-bermakna-dengan-metaphorming (Diakses pada 16 Maret 2025)

Fatwana, H. (2021). Pengaruh model metaphorming terhadap pemahaman konsep matematika. Majelis Pendidikan Aceh, 15(2), 156.

Indira, S. (2013). Metaphorming: Beberapa strategi berpikir kreatif. Indeks.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Septasari, D. (2021). Penerapan model pembelajaran metaphorming untuk meningkatkan kreativitas berpikir dalam belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas XI di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 3(1), 202–203.

Wulandari, F. (2022). Penerapan model pembelajaran metaphorming untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 400.

Yuhana, D. (2018). Penerapan model pembelajaran metaphorming untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi momentum dan impuls kelas X MIA di SMAN 7 Kota Jambi pada tahun 2017. (Skripsi Sarjana, Universitas Jambi)