Dampak Literasi Digital Terhadap Peningkatan Kopetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat mendorong transformasi digital dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Literasi digital menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki oleh guru untuk meningkatkan kompetensi profesional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak literasi digital terhadap peningkatan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar. Menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengkaji literatur relevan terkait integrasi literasi digital dalam praktik pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berkontribusi signifikan dalam mendukung proses pembelajaran, seperti mempermudah akses dan evaluasi sumber belajar, menciptakan media pembelajaran digital yang inovatif, serta meningkatkan efektivitas interaksi antara guru dan siswa, baik secara langsung maupun daring. Namun, guru juga menghadapi tantangan dalam memilih teknologi yang tepat, mengembangkan bahan ajar digital, dan mengikuti perkembangan teknologi yang cepat. Oleh karena itu, peningkatan literasi digital menjadi kebutuhan mendesak untuk mendukung peran guru sebagai fasilitator pembelajaran di era digital.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amiri, E. (2012). A study of the application of digital technologies in teaching and learning English language and literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 1(5), 103–107.
Bawden, D. (2001). Information and digital literacies: A review of concepts. Journal of Documentation, 57(2), 218–259.
Lankshear, C., & Knobel, M. (Eds.). (2008). Digital literacies: Concepts, policies and practices. Die Deutsche Bibliothek.
Martin, A. (2008). Digital literacy and the ‘digital society’. In C. Lankshear & M. Knobel (Eds.), Digital literacies: Concepts, policies and practices. Die Deutsche Bibliothek.
Mulyasa. (2009). Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Remaja Rosdakarya.
Royal Society. (2012). Shut down or restart? The way forward for computing in UK schools. https://royalsociety.org/education/policy/computing-in-schools/report/
Sharma, M. (2017). Teacher in a digital era. Global Journal of Computer Science and Technology: G Interdisciplinary, 17(3).
Sukmadinata, N. S., & Syaodih, E. (2012). Kurikulum & pembelajaran kompetensi. Refika Aditama.