Strategi Metode Wafa (Otak Kanan) Dalam Upaya Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an
Main Article Content
Abstract
Metode wafa merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an dengan pendekatan berbasis otak kanan. Metode ini menekankan penggunaan visual, auditif, dan kinestetik agar peserta didik lebih mudah dalam menghafal dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk efektifitas-efektivitas metode wafa dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an dikalangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif untuk memahami secara mendalam mengenai strategi metode wafa dalam upaya meningkatkan hafalan Al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode ini membantu peserta didik dalam menghafal lebih cepat, meningkatkan daya ingat, serta menumbuhkan motivasi dalam belajar Al-Qur’an. Oleh karena itu, metode wafa dapat menjadi alternatif strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an dalam berbagai jenjang pendidikan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ansari, M. I., Hafiz, A., & Hikmah, N. (2020). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an melalui metode Wafa di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 180-194.
Baduwailan, A. (2019). Menjadi hafidz: Tips dan trik menghafal Al-Qur’an. AQWAM.
Fauziyyah, A., Amrullah, M. I., Saripudin, H., Juwita, N., Sumiati, S., & Ibrohim, I. (2025). Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di MTS MIMHA Informatika Kota Bandung. Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa, 1(8), 1032-1038.
Fithriyah, M. A. (2019). Pengaruh Metode Wafa Terhadap Kemampuan Anak Membaca Al-Qur’an Di MI Al-Hidayah Mangkujajar Kembangbahu Lamongan. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 33-46.
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarni Pressindo.
Maryam, K. S. H. (2019). Studi perbandingan kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan metode Kaisa dan metode Wafa dalam menghafal Al-Qur’an pada anak usia dasar di Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Kendari. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).
Musolli, & Siti, F. (2020). Peningkatan kemampuan belajar Al-Qur’an siswa melalui metode Wafa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1).
Muzaiyanah, I. A., Hayumuti, & Asrori. (2023). Implementasi metode Wafa dengan pemberian reward dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa di SMP Mujahidin Surabaya. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4).
Sukinem, & Siminto. (2023). Analisis kebutuhan (need assessment) dan perencanaan program tahfidz Qur’an dengan menggunakan metode Wafa di SDIT Al-Manar Pangkalan Bun. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(1).
Yusuf, K., & Dulumina, G. B. (2022). Upaya Pembinaan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Al-Qur’an Melalui Metode Wafa di SDIT Bina Insan Kota Palu. AL-TAWJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 21-44.