Strategi Metode Wafa (Otak Kanan) Dalam Upaya Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an

Main Article Content

Ade Najira Yani
Fitri Ramadhani Selian

Abstract

Metode wafa merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an dengan pendekatan berbasis otak kanan. Metode ini menekankan penggunaan visual, auditif, dan kinestetik agar peserta didik lebih mudah dalam menghafal dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk efektifitas-efektivitas metode wafa dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an dikalangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif untuk memahami secara mendalam mengenai strategi metode wafa dalam upaya meningkatkan hafalan Al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode ini membantu peserta didik dalam menghafal lebih cepat, meningkatkan daya ingat, serta menumbuhkan motivasi dalam belajar Al-Qur’an. Oleh karena itu, metode wafa dapat menjadi alternatif strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an dalam berbagai jenjang pendidikan.

Article Details

How to Cite
Yani, A. N., & Selian, F. R. (2025). Strategi Metode Wafa (Otak Kanan) Dalam Upaya Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an. Advances in Education Research, 1(2), 125–128. https://doi.org/10.56495/aer.v1i2.976
Section
Articles

References

Ansari, M. I., Hafiz, A., & Hikmah, N. (2020). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an melalui metode Wafa di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 180-194.

Baduwailan, A. (2019). Menjadi hafidz: Tips dan trik menghafal Al-Qur’an. AQWAM.

Fauziyyah, A., Amrullah, M. I., Saripudin, H., Juwita, N., Sumiati, S., & Ibrohim, I. (2025). Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di MTS MIMHA Informatika Kota Bandung. Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa, 1(8), 1032-1038.

Fithriyah, M. A. (2019). Pengaruh Metode Wafa Terhadap Kemampuan Anak Membaca Al-Qur’an Di MI Al-Hidayah Mangkujajar Kembangbahu Lamongan. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 33-46.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarni Pressindo.

Maryam, K. S. H. (2019). Studi perbandingan kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan metode Kaisa dan metode Wafa dalam menghafal Al-Qur’an pada anak usia dasar di Rumah Tadabbur Qur’an (RTQ) Kendari. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).

Musolli, & Siti, F. (2020). Peningkatan kemampuan belajar Al-Qur’an siswa melalui metode Wafa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1).

Muzaiyanah, I. A., Hayumuti, & Asrori. (2023). Implementasi metode Wafa dengan pemberian reward dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa di SMP Mujahidin Surabaya. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4).

Sukinem, & Siminto. (2023). Analisis kebutuhan (need assessment) dan perencanaan program tahfidz Qur’an dengan menggunakan metode Wafa di SDIT Al-Manar Pangkalan Bun. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(1).

Yusuf, K., & Dulumina, G. B. (2022). Upaya Pembinaan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Al-Qur’an Melalui Metode Wafa di SDIT Bina Insan Kota Palu. AL-TAWJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 21-44.