Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Manajemen Sekolah
Main Article Content
Abstract
Kepala sekolah memegang peran strategis dalam meningkatkan mutu manajemen sekolah melalui pengelolaan input, proses, dan output pendidikan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik, serta mendorong inovasi pembelajaran. Menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggali literatur terkait kepemimpinan pendidikan dan manajemen mutu sekolah. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh langsung terhadap produktivitas sekolah, efisiensi pengelolaan, moral tenaga pendidik, dan pencapaian peserta didik. Namun demikian, tantangan seperti sistem pengangkatan yang tidak transparan, kurangnya kompetensi manajerial, dan keterbatasan dukungan birokratis menjadi hambatan dalam penerapan manajemen sekolah yang berkualitas. Oleh karena itu, kepala sekolah dituntut untuk terus meningkatkan kapasitas kepemimpinannya, membangun budaya organisasi yang adaptif, serta menjalin kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Dengan demikian, kepala sekolah dapat berperan sebagai agen perubahan dalam mewujudkan pendidikan yang unggul dan berdaya saing.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arfan, A., Tohir, A., & Soraya, R. (2023). Analisis peran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu manajemen sekolah di SD Negeri Sukamenak 08 Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Tunas Bangsa, 1(2), 41–46.
Banun, S., & Usman, N. (2016). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan pada SMP Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1). https://jurnal.usk.ac.id/JAP/article/view/2615
Masduki. (2011). Kepemimpinan pendidikan: Meneguhkan legitimasi dalam berkonsentrasi di bidang pendidikan. PT Alfabeta.
Mulyasa, E. (2011). Menjadi guru profesional. Remaja Rosdakarya.
Nasser, A. A., Arifudin, O., Barlian, U. C., & Sauri, S. (2021). Sistem penerimaan siswa baru berbasis web dalam meningkatkan mutu siswa di era pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.
Setyawan, I. R. (2012). Paradigma baru manajemen sumber daya manusia. Amara Books.
Sutikno, M. S. (2021). Strategi pembelajaran. Penerbit Adab. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=ydMeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1
Sutisna, S. H., Rozak, A., & Saputra, W. R. (2023). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6895–6902.
Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan kepala sekolah. PT Raja Grafindo Persada.
Yustisia. (2007). Standar kompetensi kepala sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Pustaka Yustisia.