Numerasi Dan Sejarah Dalam Peradaban Yunani Kuno: Sebuah Kajian Pendidikan Matematika
Main Article Content
Abstract
Sistem bilangan Yunani Kuno merupakan salah satu system numerik yang berkembang dalam peradaban Yunani dan memiliki pengaruh penting dalam perkembangan matematika. Sistem ini menggunakan huruf-huruf alphabet untuk merepresentasikan angka dan berbeda dari system desimal yang umum digunakan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis system bilangan Yunani Kuno dalam perspektif pendidikan dengan menggunakan metode kajian sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa system bilangan ini tidak hanya berperan dalam pencatatan angka, tetapi juga dalam pengembangan konsep matematika yang lebih kompleks, seperti aritmetika dan geometri. Studi ini menyoroti bagaimana pemahaman terhadap system bilangan Yunani Kuno dapat memberikan wawasan lebih luas tentang evolusi system numeric dalam sejarah matematika. Kesimpulan dari penelitian ini merekomendasikan integrasi materi system bilangan kuno dalam kajian sejarah matematika untuk memperkaya pemahaman tentang perkembangan system bilangan dan numerasi dari masa ke masa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.
Burton, D. M. (1985). The history of mathematics: An introduction. Amerika Serikat: McGraw-Hill.
Ekowati, D. (2019). Literasi numerasi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Fatoni, T. (2019). Pendidikan karakter berbasis local wisdom (studi kasus di TK Islam PAS Munqidzatun Nasyi’ah Desa Wilangan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo). Al Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 14(1), 49–62.
Hulukati, E. (2023). Sejarah dan filsafat matematika. Gorontalo: Ideas Publishing.
Kusmawati, H., Salwa, Z. M. R., & Ramadhani, B. A. (2023). Perkembangan Perkembangan Pendidikan Zaman Yunani dan Romawi Hingga Abad Pertengahan di Eropa. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(1), 186-193.
Lestari, D. S. T., & Ainulyaqin, M. H. (2022). Program industrialisasi dalam mengatasi kesenjangan ekonomi di masyarakat: Perspektif ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 288–297.
Manurung, N., Purba, G. A., Butar, H. H. R. B., Situmeang, J. C., & Sitanggang, V. (2024). Perkembangan Sistem Numerasi Pada Peradaban Manusia Dari Masa Ke Masa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15075-15085.
Munthe, H. P., Rambe, J. Q., Fadly, M., & Hasibuan, R. C. (2024). Tantangan dan Trobosan Matematika Sebagai Ilmu Hitung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1027–1033.
OkPutra, D. D., Wardoyo, K., & Rizaldi, A. (2023). Literasi pendidikan karakter Yunani Kuno. Jurnal Tafidu, 2(1), 16–30.
Purdaryanto, S. (2021). Landasan historis pendidikan Kristen dan relevansinya dalam pendidikan Kristen masa kini. SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(2), 86–99.
Puspita, Y. (2018). Pentingnya pendidikan multikultural. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Sartika, D. (2019). Pentingnya pendidikan berbasis STEM dalam kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(3). 89-93