Sistem Numerasi Mesir Kuno Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Matematika
Main Article Content
Abstract
Sistem bilangan Mesir Kuno merupakan salah satu sistem bilangan tertua yang digunakan dalam peradaban Mesir untuk mencatat angka dan melakukan perhitungan. Sistem ini berbasis desimal tetapi tidak menggunakan konsep nilai tempat, melainkan symbol hieroglif untuk merepresentasikan angka tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem bilangan Mesir Kuno serta relevansinya dalam pembelajaran matematika, khususnya bagi guru. Penelitian ini membahas karakteristik sistem bilangan Mesir Kuno serta relevansinya dalam pembelajaran matematika. Pemahaman terhadap system ini dapat membantu siswa mengenali perkembangan konsep bilangan, memperluas wawasan tentang sejarah matematika, serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Dari sudut pandang pendidikan, system bilangan ini juga dapat menjadi alat bantu bagi guru dalam mengajarkan konsep numeric dengan pendekatan yang lebih interaktif. Dengan demikian, mempelajari system bilangan kuno dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arba’anur, E., & Harisman, Y. (2025). Peran berhitung primitif dalam pembentukan sistem numerik awal. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 5(1), 127–139.
Gillings, R. J. (1972). Mathematics in the time of the Pharaohs. Cambridge, MA: MIT Press.
Hakim, A. R., & Mulyatna, F. (2023). Sejarah matematika: Perkembangan bilangan matematika empiris.
Hasan, T. H. (2005). Perkembangan sistem bilangan pada masa sebelum Islam. Kaunia, 1(2), 123–136.
Huffman, C. J. (2022). OER ancient Egyptian numerals and arithmetic activity. Faculty Submissions - Mathematics & Physics, Pittsburg State University Digital Commons. https://digitalcommons.pittstate.edu/math_faculty/8
Manurung, N., Purba, G. A., Butar Butar, H. H. R., Situmeang, J. C., & Sitanggang. (2024). Perkembangan sistem numerasi pada peradaban manusia dari masa ke masa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 15075–15085.
Manurung, N., Silitonga, S., & dkk. (2024). Peran sejarah matematika dalam pembelajaran matematika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 16036–16040.
Qowiyuddin, A., Febrianti, M., & Rizqiyah, S. (2024). Eksplorasi pengetahuan mahasiswa calon guru tentang sejarah perkembangan matematika Mesir Kuno. Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi, 4(1), 88–96.
Siagian, P. P. G., Sitorus, J. P., Nasution, R. R., Angraini, R. T., Rambe, R. B., & Siagian, N. (2024). Sistem numerasi Mesir Kuno. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 9(1), 39–45.
Susilawati, W. (2017). Sejarah dan filsafat matematika. Bandung: CV. Insan Mandiri.