Strategi Digital Marketing Yang Efektif Untuk Menarik Minat Konsumen Generasi Z

Main Article Content

Bahdin Nur Tanjung
Elfrianto Elfrianto
Mutiara Akbar Nasution

Abstract

Generasi Z merupakan kelompok konsumen yang lahir dan tumbuh dalam era digital. Karakteristik mereka yang melek teknologi, kritis terhadap konten komersial, serta memiliki kepekaan terhadap isu-isu sosial dan lingkungan menjadikan mereka segmen pasar yang unik dan menantang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai strategi digital marketing yang efektif dalam menarik perhatian dan minat konsumen Generasi Z. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka terhadap artikel ilmiah dari jurnal-jurnal terakreditasi SINTA dan sumber-sumber terpercaya lainnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi yang efektif melibatkan pemanfaatan platform media sosial populer, penyajian konten yang autentik dan relevan, kolaborasi dengan influencer, pendekatan partisipatif dan interaktif, serta penyampaian nilai-nilai keberlanjutan. Penyesuaian gaya komunikasi dan kreativitas visual juga menjadi faktor penting dalam membangun keterlibatan dan loyalitas konsumen Gen Z. Dengan menerapkan pendekatan yang sesuai, perusahaan dapat membangun hubungan jangka panjang yang kuat dengan konsumen Generasi Z.

Article Details

How to Cite
Tanjung, B. N., Elfrianto, E., & Nasution, M. A. (2025). Strategi Digital Marketing Yang Efektif Untuk Menarik Minat Konsumen Generasi Z. ECONOBIS: Journal of Economics, Business and Management, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.56495/econobis.v1i1.960
Section
Articles

References

Afirudin, M., & Mawardi, A. I. (2025). Analisis kinerja konten digital CV Avero Indonesia dalam mendukung pemasaran digital. Jurnal Media Informatika, 7(1), 242–249. https://doi.org/10.55338/jumin.v6i2.5359

Aulia Persada. (2023). Cara membangun strategi digital marketing pada generasi Z. https://auliapersada.id/membangun-strategi-digital-marketing-generasi-z/

Kusumawanti, A. D., & Chaniago, R. H. (2024). Implementasi strategi digital marketing pada perilaku Gen Z sebagai konsumen (Studi pada konsumen Interaksi Space Coffee Shop Depok). ARUNIKA: Bunga Rampai Ilmu Komunikasi, 2(2), 35–41. https://doi.org/10.36782/arunika.v2i02.373

Nasution, M. A., Fitri, A., & Safitri, N. (2023). Business feasibility study reviewed from market and marketing aspects in the digital invitation business Kekondangan.Id. Economic: Journal Economic and Business, 2(1), 33–36. https://doi.org/10.56495/ejeb.v2i1.686

Nielsen. (2022). Global trust in advertising. https://www.nielsen.com/us/en/insights/report/2022/global-trust-in-advertising-2022/

Putriana, R., & Kholil, S. (2024). Analisis trik dan teknik marketing generasi Z dalam mempromosikan produk Somethinc di Instagram. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 5(2), 1676–1684. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i2.744

Qontak.com. (2023). 9 strategi marketing generasi Z yang wajib diketahui bisnis! https://qontak.com/blog/marketing-generasi-z/

Rumah Media. (2023). Strategi pemasaran digital untuk menjangkau generasi Z dan milenial. https://www.rumahmedia.com/insights/strategi-pemasaran-digital-untuk-menjangkau-generasi-z-dan-milenial

Shopee Indonesia. (2023). Gamifikasi dan interaktivitas di platform Shopee. https://shopee.co.id/mall

Sufyan, I. K., & Pamuncak, M. B. (2023). Convenient or marketing matters? Unveiling the determinants of purchasing decisions in Tokopedia e-commerce. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 5(2), 207–224. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2023.5.2.18247

Tokopedia. (2022). Strategi komunikasi digital Tokopedia. https://www.tokopedia.com/blog/strategi-komunikasi-digital

We Are Social. (2023). Digital 2023 global overview report. https://wearesocial.com/insights/digital-2023