Pengaruh Model Pembelajaran Koopratif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDS Muhammadiyah 25 Medan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini didasarkan atas dasar urgensi internalisasi nilai-nilai Motivasi Belajar Siswa dalam seluruh interverensi pendidikan secara kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Koopratif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDS Muhammadiyah 25 Medan. Hal ini dikarenakan pentingnya mahasiswa PGSD sebagai calon guru memiliki kreativitas dalam menginternalisasikan nilai-nilai Motivasi Belajar pada siswanya di masa depan. Penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan sempel penelitian sebanyak 25 Siswa Kelas V-A di SDS Muhammadiyah 25 Medan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan Motivasi belajar pada Siswa Kelas V-A dengan Mengunakan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar siswa lebih baik daripada Siswa Kelas V-B yang belajar menggunakan pendekatan konvensional dalam Motivasi Belajar Siswa. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi sarana edukasi bagi mahasiswa PGSD dalam mengenalkan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Motivasi Belajar siswa sebagai model pembelajaran yang inovatif dan futuristik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Allathifah, A. U., Afghohani, A., & Wulandari, A. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran numbered head together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 164-171.
Elfrianto, E., Nasution, I. S., & Siregar, F. (2020). Implementasi pembelajaran aktif beorientasi mikir (Mengamati, interaksi, komunikasi dan refleksi) di SD Muhammadiyah 12 Medan. Pelita Masyarakat, 2(1), 31-36. https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v2il.4071
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Febriani, R. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Headtogether (Nht) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sdn 1 Lembursawah. Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 1(1).
Gianistika, C. (2020). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman materi gaya pada peserta didik kelas IV SDN Cengkong II Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang tahun akademik 2021/2022. Jurnal Tahsinia, 1(2), 181–190.
Gracia, A. P., & Anugraheni, I. (2021). Meta analisis model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 436–446. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.338
Hamalik, O. (2018). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. https://library.unismuh.ac.id/opac/detail-opac?id=105949
Handayani, S. (2020). Pembelajaran speaking type STAD yang interaktif fun game berbasis karakter. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Hutama, P. D., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Perbedaan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan Teams Games Tournament. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 80–87. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i2.11
Khunaini, N., & Sholikhah, N. (2021). Pengaruh penggunaan learning management system Google Classroom dan gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar pada pembelajaran daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2079–2090.
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh. Jurnal Genta Mulia, 9(2).
Kurniawan, D. (2018). Pembelajaran terpadu: Teori, praktik, dan penilaian. Bandung: CV. Pustaka Cendikia Utama.
Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). Penerapan sistem among dalam proses pendidikan suatu upaya mengembangkan kompetensi guru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 122. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p122--141
Mastudar. (2018). Alternatif model-model pembelajaran. Sumatera Barat.
McDonald, Kompri. (2016). Motivasi pembelajaran perspektif guru dan siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi semester ganjil SMK PGRI 5 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(2), 115. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6456
Pahmi, A. C. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Mathaul Huda. (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Riduwan. (2015). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.
Rusman. (2019). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru (Cet. ke-5). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sabrun. (2018). Pengaruh penggunaan metode NHT (Numbered Head Together) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. NW Bonjeruk tahun pelajaran 2016/2017. JIME, 4(1), 320.
Sanjaya, W. (2018). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sholihah, A., & Kurniawan, R. Y. (2016). Analisis pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/16008
Somantri, M. N. (2018). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung: Rosda.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Erlangga.
Sulfemi, W. B. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor. Edutecno, 18 (1), 1-12. https://doi.org/10.5281/zenodo.2820610
Supartini, I. G. A. M., Marhaeni, M. P. A. N., & Candiasa, M. K. P. I. M. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga sederhana terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika.
Trianto. (2020). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.