Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva terhadap Kemampuan Memahami Materi Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD Negeri 164612

Main Article Content

Syahraini Nasuha
Elfrianto Elfrianto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan memahami materi pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 164612, di mana 57% siswa belum mencapai KKM akibat metode pembelajaran berbasis ceramah yang kurang variatif. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis Canva terhadap pemahaman materi siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental dan teknik sampling jenuh terhadap 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test, yang dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dari 59,8 pada pre-test menjadi 81,2 pada post-test. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang mengindikasikan bahwa penggunaan video animasi berbasis Canva berpengaruh signifikan terhadap pemahaman materi siswa. Oleh karena itu, media ini dapat menjadi solusi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Nasuha, S., & Elfrianto, E. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva terhadap Kemampuan Memahami Materi Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD Negeri 164612. Advances in Education Research, 1(1), 32–36. https://doi.org/10.56495/aer.v1i1.922
Section
Articles

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Analicia, T., & Yogica, R. (2021). Media pembelajaran visual menggunakan Canva pada materi sistem gerak. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 260. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38604

Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). Persepsi guru sekolah dasar tentang mata pelajaran IPAS pada kurikulum merdeka. Jurnal Penelitian PGSD, 11(9), 1841–1854.

Asnawati, Y., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi Canva untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809

Elfrianto, E., Nasution, I. S., & Siregar, E. F. (2020). Implementasi pembelajaran aktif berorientasi MIKIR (mengamati, interaksi, komunikasi, dan refleksi) di SD Muhammadiyah 12 Medan. Pelita Masyarakat, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v2i1.4071

Fadilah, N. (2023). Manajemen SDM dalam perspektif ekonomi Islam dengan adanya peranan IPTEK. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 4(2), 2721–7078. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui Realistic Mathematic Education berbantu alat peraga bongpas. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280

Febriana, T., Suneki, S., Suyoto, S., & Rochajati, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis Canva untuk meningkatkan kreativitas guru di sekolah dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 32–37. https://doi.org/10.33061/js.v6i1.8681

Hajar, O., Kasiyun, S., Umar Susanto, R., & Guru Sekolah Dasar, P. (2023). Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi Canva terhadap minat belajar siswa kelas V di sekolah dasar. Journal on Education, 6(1), 6404–6413.

Herman, & Supriatna, I. (2021). Jurnal PGSD. Jurnal PGSD, 11(2), 128–134.

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi pendidikan sebagai jembatan reformasi pembelajaran di Indonesia lebih maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53. https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6390

Munawarah, Z., Bukhari, & Fitri, A. (2022). Pemanfaatan media belajar oleh guru dalam pembelajaran di SD Negeri 1 Mata Ie Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Elementary Education Research, 7(3), 7–11.

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model Problem Based Learning. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907

Nurrita. (2021). Media pembelajaran audio visual berbasis Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84.

Putri, A. R., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2022). Model Scramble untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1192–1199. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3162

Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video animasi melalui aplikasi Canva untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159–166. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381

Sari, L. S., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi Canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1699–1703.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.

Susilowati, D. (2023). Peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui implementasi metode eksperimen pada mata pelajaran IPAS. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 186–196. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16091

Wati, U. A. (2015). Hakikat, fungsi, manfaat media dan sumber belajar. Media dan Sumber Belajar SD, 11.

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan media video berbasis Powtoon pada mata pelajaran IPA di kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835