Pengaruh Media Pembelajaran Praktikum Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Muhammadiyah 07 Medan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran praktikum terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas V SD Muhammadiyah 07 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, di mana dua kelas dijadikan sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran praktikum dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata minat belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi (80,17) dibandingkan dengan kelas kontrol (60,33). Uji statistik Independent Sample Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran praktikum terhadap minat belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran praktikum terbukti meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868
Aprijal, Alfian, & Syarifuddin. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal Mitra PGMI, 6(1), 76–91. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i2
Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, S. (2018). Pengaruh model discovery learning berbantuan media lingkungan alam sekitar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103–112. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488
Baharuddin, H., & Wahyuni, E. N. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Ar-Riz Media.
Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2021). Pengaruh penerapan laboratorium virtual PhET terhadap motivasi belajar IPA siswa pada materi gerak lurus. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 271–277. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5514
Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2023). Effect of PhET virtual laboratory implementation on students’ higher order thinking skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 1922–1928. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.1979
Daud, M. H., & Lidi, M. W. (2020). Hubungan kebiasaan belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar IPA siswa SMPK St Gabriel Ndona. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 143–149. https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.725
Elfrianto, & Lesmana, G. (2022). Metode penelitian pendidikan. Umsupress.
Saputra, R. M. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S. (2021). Pengaruh motivasi dan efikasi diri terhadap kemandirian belajar sistem daring pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 840–847. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1268
Setyawan, D. A. (2020). Petunjuk praktikum uji normalitas & uji homogenitas data dengan SPSS. Paper Knowledge: Toward a Media History of Documents.
Siregar, S. (2017). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif. Bumi Aksara.