Peran Guru PKn Dalam Meningkatkan Karakteristik Peserta Didik di SMP Negeri 2 Maumere
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru PKN dalam meningkatkan karakteristik peserta didik serta mendeskripsikan hambatan-hambatan guru PKN dalam meningkatkan karakteristik peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif yakni mendeskripsikan peran guru PKN dalam meningkatkan karakteristik peserta didik melalui data yang didapatkan dari kepala sekolah, guru PKN dan peserta didik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkap beberapa hal penting yaitu peran guru PKN sebagai fasilitator, sebagai pembimbing, sebagai suri tauladan, sebagai pendamping dan peran guru pkn sebagai motivator. Adapun hambatan guru PKN dalam meningkatkan karakteristik peserta didik yaitu kepribadian peserta didik atau individu, kurangnya perhatian orang tua, pergaulan teman serta lingkungan masyarakat
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abidin, dkk. 2015. Pembelajaran Literasi. Bandung: Rizki Press.
Bella Fitriya. (2017). Peran Guru Wali Kelas Dalam Pengelolaan Antar Siswa Di Man Kuta Baro Aceh Besar,Universitas Islam Negeri Ar-Rani Banda Aceh.
Ghofar,A. (2019). Guru: Digugu Dan Ditiru. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 5(1), 1-14.Hendriana, E. C, & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25-29.
Indrawan, I. (2019). Konsep Dasar Ekonomi Pendidikan Pada Tataran Suprastruktur Dan Infrastruktur Politik Di Indonesia.INNOVATIO: Journal for religious innovation studies, 19(1), 91-98.
INNIKE, K. (2018). Pelaksanaan Sistem Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Di Pesantren Al-Manar Ponorogo(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Kristiawan, M. (2016). Telaahrovolusi mental dan pendidikan karakter dalam pembentukan sumber daya manusia Indonesia yang pandai fan berakhlak mulia.Ta’dib, 18(1), 13-25.
Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosdakarya
Palunga, R. & Marzuki, M. (2017).Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah menengah pertama Negeri 2 depok sleman. Jurnal pendidikan karakter, 7(1).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2018 Tentang Guru.
Peter G.Northouse. 2013. Kepemimpinan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syarifuddin, S. (2018). Guru Profesional: Dalam Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 1(1), 64-84.
Triatmanto, B. (2017). Analisis Pengembangan Karier yang Dipengaruhi oleh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Prestasi Kerja.JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 5(2), 72-82.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 Pendidikan Nasional.
Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua.JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan),2(2).