Pengembangan Modul Matematika Pokok Bahasan Suku Banyak Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika pokok bahasan suku banyak berbasis Pendidikan karakter dengan pendekatan Realistic Matheatics Education (RME). Subjek dalam penelitian ini adalah tiga validator ahli media dan materi . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian yang digunakan adalah pengembangan model 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran) yang dikembangkan oleh Thiagarajan pada tahun 1974. Hasil validasi oleh tiga ahli media dan materi dari hasil penilaian akhir pada IPPP-1 oleh ahli dengan validator 1 dengan rata-rata 3,67 dengan presentase 91,67%, validator 2 dengan rata-rata 3,8 dengan presentase 95% Dan validator 3 dengan rata-rata 3,8 Dengan presentase 95 % dan untuk ketiga ahli validasi dengan rata-rata 3,7 dengan presentase 93,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep tergolong valid, praktis dan efektif untuk digunakan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alwi, Z. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Syair Berbasis Kearifan Lokal: Modul dan Compact Disk untuk Kelas IX MTs di Kota Palembang. Disertasi Palembang: UIN Raden Fatah.
Cahyono, B. (2018). Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Karakter Pada Materi Trigonometri. JURNAL PHENOMENON, 185-199.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas
Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ningsih , S. (2014). Realistic Mathematics Education : Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah . JPM IAIN Antasari , 73-94.
Haristah, H. A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 224-236.
Wulandari, S. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics education (RME) Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 143-1