Pengembangan Media Permainan Kartu Uno Spin Matematika Untuk Pembelajaran Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehinngga dapat merangsang perhatian dan minat siswa untuk belajar. Media pembelajaran dapat digunakan untuk menciptakan kondisi belajar yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa media permainan kartu Uno Spin Matematika untuk pembelajaran matematika pada siswa SMP kelas VII pada materi bentuk aljabar dan untuk mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap media permainan Uno Spin Matematika. Model pengembangan yang digunakan adalah model Sugiyono yang dimodifikasi menjadi 5 langkah yaitu potensi dan masalah, data, desain produk, validasi dan revisi produk, serta uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII dengan menggunakan skala kecil sebanyak 10 orang siswa. Instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi Media Pembelajaran dan angket respon siswa. Media permainan Uno Spin Matematika pada materi bentuk aljabar yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak digunakan untuk siswa SMP kelas VII. Kelayakan terlihat dari hasil penilaian validator, dimana dari hasil penilaian ahli media diperoleh nilai 88% dengan kategori sangat layak, dan angket respon siswa diperoleh nilai 83% dengan kategori sangat baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Agustin, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu UNO Pada Materi Bank Untuk Siswa Kelas X IIS MAN 2 Lamongan. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 6, 144-149.
Anjaya, T. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Pneumatik dan Hidrolik Berbasis Adobe Flash CS3 Professional Program Studi Diploma 3 Teknik Otomatif Universitas Negeri Yogyakarta. 1-6.
Arief S.Sadiman, d. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Emzir. (2014). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Hidayati, N., & Hakim, L. (2014). Pengembangan Permainan Kartu UNO Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Akutansi Pokok Bahasan Hutang Jangka Panjang. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 1-11.
Lestari, R., & Virman. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery Learning pada Materi Vektor Peserta Didik Kelas X SMA KPG Khas “Papu” Merauke". Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6, 82-93.
Panggabean, E. M., Nasution, M., & 'Afifah, N. (2018). Integrating Good Character Values in Mathematics Learning. Scholars Journal of Arts, Humanities and Social Sciences, 363-371.
Puspitasari, M., & Hidayati, S. N. (2017). Media Permainan Boxs Number star untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. E-Jurnal Pensa, 5, 315-321.
Rahmatin, R., & Khabibah, S. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu UMATH (Uno Mathematics) dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Pokok operasi Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 67-73.
Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.
Sugihartono, d. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, & Eman. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA.UPI.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sundaya, & Rostina. (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inofatif-Proresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Kependidikan(KTSP). Jakarta: Kencana.
Usman, M. R. (2020). Pengembangan Alat Peraga Papan Al-Sintacs Materi Trigonometri Siswa Kelas X MA DDI Galesong Baru. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9, 248-259.