Pengembangan Modul Matematika Dengan Model Kumon Berbasis Cofi (Comik Fiqih) Pada Materi Perbandingan

Main Article Content

Sri Mayani

Abstract

Penelitian pengembangan(development research) modul matematika dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang selama ini bersifat monoton dan kurang menarik. Adapun penelitian pengembangan ini terdiri atas tiga tahap yaitu: Tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap validasi. Tujuan dari pengembangan modul matematika dengan model kumon berbasis komik fiqih materi perbandingan ialah untuk mengetahui proses pengembangan dan ke efektivitas penggunaan yang berdasarkan syarat uji kelayakan, serta respon siswa terhadap pengembangan modul komik matematika tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMP SWASTA PAB 3 SAENTIS pada siswa kelas VIII-1, dengan sampel kelas kecil yaitu yang berjumlahkan 10 orang.
Hasil dari penelitian pengembangan modul komik matematika menunjukkan bahwa proses pengembangan modul komik matematika menggunakan pengembangan Plomp yang memuat fase penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pembuatan prototype (prototyping search), dan fase penilaian (assesment phase). Untuk penggunaan modul komik dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi para ahli, baik ahli media maupun ahli materi. Adapun nilai rata-rata total validator dari ahli media yaitu 4,2 dan ahli materi yaitu 4,25 dengan kategori sangat valid. Sedangkan untuk bagian respon siswa yaitu data persentase respon siswa menunjukkan angka sangat baik yaitu 80,77%. Maka, dapat disimpulkan bahwasanya pengembangan modul matematika dengan model kumon berbasis komik fiqih layak untuk digunakan di jenjang SMP kelas VII-Semester 2.



Kata kunci : Pengembangan, modul, model, komik, perbandingan, dan fiqih.

Article Details

How to Cite
Mayani, S. . (2022). Pengembangan Modul Matematika Dengan Model Kumon Berbasis Cofi (Comik Fiqih) Pada Materi Perbandingan. Holistic Science, 2(1), 43–56. https://doi.org/10.56495/hs.v2i1.48
Section
Articles

References

Ariastutik dkk. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berilustrasi Komik pada

Materi Skala dan Perbandingan Kelas VII SMP/MTs, JMEE, VI(2), 131- 141.

Hanafiah, Sutedja, Adang dan Ahmaddien, Iskandar. 2020. Pengantar Statistika. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Khasanah, AF. 2018. Pengembangan Soal Cerita Menggunakan Komik Matematika Bernuansa Islam pada Materi Perbandingan Kelas VII.

Lestari, AF.2018.Desaian Pengembangan Media Komik Matematika Edukatif dan Inovatif Berbasis Literasi Materi Segi Empat. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mhamadiyah Sumatera Islam Negri Raden Intan: Lampung.

Lestari, BD.2018. Pengembangan Modul Kalkulus pada Materi Turunan Benuansa Keislaman dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negri Raden Intan: Lampung.

Octavia, Shilphy A. 2020. Model-Model Pembelajaran . Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inofatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Panggabean, Suvriadi. 2017. Pengaruh Metode Belajar Kumon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Laks.Martadinata. Medan, Paedagoria, 8(2), 37- 41.

Permata Surga. Matematika Dalam Al-Quran. Diakses pada 22 September 2013, http://lay-lis.blogspot.com/2013/02/ada-matematka-dalam-al quran.html?m=1.

Risaumami, Elisda & Mardliyah, Sjafiatul.(2019). Penerapan Pembelajaran PLS pada Metode Belajar Kumon dalam Membentuk Sikap Belajar di Kumon Wisata Bukit Mas Surabaya, E- ISSN.

Ruhimat, Toto. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sunan Ampel: Surabaya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D: Bandung. Alfabet CV.

Watsiqah,I. 2019. Penerapan Metode Kumon untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Miftahul Iman Pekan Baru. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim: Riau Pekan Baru.

Widoyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.