Pengembangan LKPD Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Relasi dan Fungsi

Main Article Content

Bina Ramadani

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran guru sudah memanfaatkan buku paket dan menggunakan LKPD dari  internet. Namun guru belum membuat LKPD secara mandiri yang berbasis HOTS. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan  adalah dengan mengembangkan LKPD yang dapat menunjang  pengetahuan peserta didik dan dirancang agar dapat  berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan  masalah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis HOTS dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis HOTS yang  dikembangkan. Jenis penelitian ini  adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan LKPD berbasis HOTS yang dinilai oleh ahli media berada  pada kategori sangat layak (86,6%), ahli materi juga berada pada kategori layak (83%), (2) tanggapan peserta didik terhadap LKPD berbasis HOTS memperoleh persentase rata-rata sebesar 82,5% termasuk dalam kategori sangat tertarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan belajar dalam proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Ramadani, B. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Relasi dan Fungsi. Holistic Science, 2(1), 57–59. https://doi.org/10.56495/hs.v2i1.60
Section
Articles

References

Sugiono.2019. "Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D)" . Bandung : CV Alfabeta

Adi, Tomi Wursito. 2016. “Penggunaan LKS sebagai Tindakan Rasionalitas Guru dalam ProsesPembelajaran”[Online].Tersedia:https://media.neliti.com/media/publications/13816-ID-penggunaan-lkssebagaitindakan-rasionalitas-guru-dalam-proses pembelajaran-kaji.pdf

Adinawan, M.Cholik. 2016. “Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2”. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Alexander & Koeberlein. 2015. “Elementary Geometry for College Students 6E”[Online]. Tersedia: http://libgen.is

Faiqoh, dkk.. 2019. “Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar”

Muljono.2007. “Buletin BSNP Vo. II No. 1”[Online]. Tersedia: http://www.bsnpindonesia.org/id/wp-content/uploads/buletin/Edisi%2021.pdf

Mulyatiningsih, Endang. 2011. “Pengembangan Model Pembelajaran” [Online]. Tersedia:http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808329/pengabdian/7c pengembangan model-pembelajaran.pdf

Nugroho, N. Arifin. 2019. “HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi : Konsep Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal)”. Jakarta: PT Gramedia

Sani, Ridwan Abdullah.2019. “Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills)”. Tangerang: TSmart.

Widoyoko E.P. 2012. Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Tersedia Online (Staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang.../kualitas-lks.pdf pada tanggal 24 November 2011)