The Influence of Interpersonal Intelligence on PPKN Learning Outcomes of Grade X Students of SMA Negeri 2 Pangkatan, Labuhanbatu Regency
Main Article Content
Abstract
The aim of this research is to determine the influence of interpersonal intelligence on PPKn learning outcomes for class X students at SMA Negeri 2 Pangkatan Kab. Labuhanbatu. The type of research used in this research is quantitative research. Quantitative data was used to see how much influence interpersonal intelligence has on the PPKn learning outcomes of class X students at SMA Negeri 2 Pangkatan Kab. Labuhanbatu. The total population is all class X students of SMA Negeri 2 Pangkatan Kab. Labuhanbatu as many as 157 people. The sampling technique uses a formula from Slovin. Based on the Slovin formula, for a population of 157, and a degree of error d of 0.05, the research sample size was 113 people. Based on the results of data analysis, it can be seen that the correlation coefficient (r) is 0.536 and the determination coefficient (r2) is 0.288. Based on the results of data calculations, it is known that the correlation coefficient is 0.536, this means that the interpersonal intelligence variable (X) has a positive effect on the PPKn learning outcomes of class X students. The better the interpersonal intelligence, the better the PPKn learning outcomes of class Regency. Labuhanbatu
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aini, Q. & Stefanus, C. R. 2018. Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 2(1), 126- 128.
Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.
Campbell, L. 2007. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, Teaching & Learning Through Multiple Intelligences. Intuisi Press, Jakarta.
Chatib, M. 2018. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia (III). Kaifa, Bandung.
Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta, Bandung.
Dewi, T. A. & Naniek, S. W. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 234-242.
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta.
Effendi, M. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran: Pengantar Ke arah Pemahaman KBK, KTSP, dan SBI. FIP Universitas Negeri Malang, Malang.
Gardner, H. 2013. Multiple Intelligences: Teori Dalam Praktek. (Sindoro, A, Penerjemah) Interaksara, Tanggerang.
Gitawati, M. S., Amelia, M. A., & Sarwi, M. 2022. Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ppkn Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas Iii Sd Kanisius Kintelan 1. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan Ips, 2(2), 86-91.
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Remaja Rosdakarya, Bandung. Hidayat, E. N. 2021. Peningkatan Partisipasi Aktif dan Hasil Belajar PPKN Siswa SMP Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Pada Materi Norma dan Keadilan. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(3), 314.
Iskandar, I. 2017. Peningkatan Partisipasi Aktif dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII. E Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di SMP Negeri 7 Pujut Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 4-64.
Jasmine, J. 2007. Mengajar dengan Metode Kecerdasan Majemuk: Implementasi Multiple Intelligences (Terjemahan Purwanto). Nuansa, Bandung. Jayanti, dkk. 2021. Metodologi Penelitian Bidang Muamalah, Ekonomi dan Bisnis. Media Sains Indonesia, Bandung.
Kelly, E. 2015. Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal dengan Sikap Multikultural pada Mahasiswa Malang. Jurnal Psikologi, 3(1), 46-47.
Lubis, M. A, & Nashran, A. 2020. Pembelajaran Tematik SD/MI. Kencana, Jakarta.
Lwin, M. et al. 2008. Teori-Teori Psikologi: Pendekatan Modern untuk Memahami Perilaku Perasaan dan Pikiran Manusia. Nusamedia dan Nuansa, Bandung.
Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mirwanda, S. & Miaz, Y. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Listening Team di Kelas V SDN 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2812-2823. 78 Muhaemin, & Yosen F. 2022. Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. Adanu Abimata, Indramayu.
Mulyadi. 2010. Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama di Sekolah. UIN-Maliki Press, Malang.
Mulyasa, E. 2015. Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Muncarno. 2017. Cara Mudah Belajar Statistik Pendidikan. Hamim Group, Lampung.
Nurhasanah & Eni, S. 2022. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDIT Atssurayya Bekasi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 5(1), 9-18.
Permendikbud. 2016. Permendikbud No 22 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud, Jakarta.
Prastowo, A. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Kencana, Jakarta.
Purwanto, N. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi. Remaja Rosda Karya, Bandung.
Riduwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta. Rusman. 2015. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Kencana, Jakarta.
Savitri, I. M. 2019. Montessori for Multiple Intelligences. Bentang Pustaka, Yogyakarta.
Setiyowati, E. 2014. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Partisipasi Aktif Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas IV SDIT Matesih, Karanganyar Tahun 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Sowiyah, S., Sulistiasih, S., & Trida, N. M. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(5), 1-9.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya, Bandung. Sudjana, N. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo, Bandung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung. Sulistiasih. 2018. Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran SD. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran. Ar-Ruzz Media, Jogjakarta.
Suryani, L. 2019. Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik dan Komunikasi Terhadap Kinerja . Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia, 2(3), 422-423.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta, Jakarta.
Susanti, dkk. 2001. Mencetak Anak Juara: Belajar dari Pengalaman 50 Anak Juara. Kata Hati, Yogyakarta.
Sutirjo, & Sri, I, M. 2005. Tematik Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Bayumedia, Malang. Trianto. 2016. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Prestasi Pustaka, Jakarta.
Utami, I. I. 2014. Peningkatan Partisipasi Aktif dalam Pembelajaran Tematik dengan Sub Tema Tugas–Tugas Sekolahku Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas II SDN Durensawit 02 Kecamatan Kayen Tahun 2014/2015. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Wahyuningsih, E. S. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learing Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish, Yogyakarta.
Widarto, M. P. 2013. Penelitian Ex Post Facto. Disampaikan pada Kegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian Pendidikan di Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Widoyoko, E. P. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Yaumi, M. & Nurdin, I. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences): Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Kencana, Jakarta.
Yusup, F. 2018. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah, Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 214-218.
Zefanya, F. 2018. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 3(2), 135-144.