Application of The Problem Based Learning Model to Improve Student Learning Activity in Mathematics Learning for Class VII at MTs Madrisatul Ikbar Tembung T.A 2020/2021
Main Article Content
Abstract
The purpose of this study was to find out how active students are in learning mathematics using a problem-based learning model at MTS Madrisatul Ikbar Tembung. This research method uses classroom action research that follows a problem-based learning model. The data of this study were obtained through tests and observations. The subjects in this study were seventh grade students of MTS Madrisatul Ikbar Tembung. This research was conducted in two cycles, namely cycle I and cycle II. Each cycle has stages, namely: planning, implementation, observation, and reflection. Student improvement data obtained in the field are written in the form of tables and diagrams. After the data was analyzed, several findings were obtained, namely the initial test showed that students' completeness reached 9.09% (1 student), the first cycle reached 36.36% (4 students), and there was an increase of 27.27%, and the second cycle reached 81, 82% (9 students) and an increase of 72.73%. Thus, in the second cycle, students' learning completeness is classically fulfilled because 75%. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of the problem-based learning model can increase student learning activity in mathematics learning for students of MTS Madrisatul Ikbar Tembung T.A 2020/2021
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Assessment, S. I. (2015). Kata Kunci?: Keaktifan Belajar Siswa, Strategi Instant Assessment 1. 1.
Hasil, M., Matematika, B., & Ii, K. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SD Iis Solekhah 1) , Slameto 2) , Elvira Hoesein Radia 3). 1–7.
Rumusan, A., Auditory, S., Intellectually, V., Muhammadiyah, S. M. P., Auditory, S., Intellectually, V., Muhammadiyah, S. M. P., Auditory, S., Intellectually, V., Muhammadiyah, S. M. P., Auditory, S., Intellectually, V., Muhammadiyah, S. M. P., Muhammadiyah, V. S. M. P., Auditory, S., Intellectually, V., Muhammadiyah, S. M. P., Kunci, K., Belajar, K., … Intellectually, V. (2019). Volume 2 Nomor 2 , Juni – September 2019 , halaman 118 – 124 Tersedia Daring pada https://ejurnalunsam.id/index.php/JDM PENERAPAN MODEL SOMATIC , AUDITORY , VISUALIZATION , INTELLECTUALLY ( SAVI ) UNTUK MENINGKATKANN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 57 MODERN T . P . 2017 / 2018 APPLICATION OF SOMATIC , AUDITORY , VISUALIZATION , INTELLECTUALLY ( SAVI ) MODELS TO INCREASE THE ACTIVITY OF MATHEMATICS LEARNING IN SMP MUHAMMADIYAH 57 MODERN ON 2017 / 2018 Tua Halomoan , b Fadilah Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara , Pendidikan Matematika FKIP Universitas Samudra , fadilah@unsam.ac.id Pendahuluan Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti menjawab pertanyaan guru ada 3 orang , mencatat penjelasan guru dan hasil diskusi ada 3 orang , mengajukan pertanyaan kepada guru dan siswa lain ada 2 orang , kerjasama dalam kelompok ada 2 orang , berani mempresentasikan hasil diskusi ada 2 orang , mendengar dengan baik saat ketika teman berpendapat dan saat diskusi ada 2 orang , kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam kelompok dan diskusi ada 1 orang , terlibat dalam pemecahan masalah ada 1 orang , dan berusaha mencari berbagai Muhammadiyah 57 Modern tepatnya di kelas VII-C yang berjumlah 26 orang siswa yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan menunjukan bahwa keaktifan belajar matematika siswa sangat rendah . Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran metode yang sering digunakan oleh guru adalah metode konvensional , sehingga dalam kegiatan pembelajaran tidak terjadi hubungan timbal balik yang baik anatara guru dan siswa . Hal ini diperkuat dengan hasil informasi yang diperoleh untuk pemecahan masalah ada 1 orang . Hal ini menunjukan bahwa tidak semua siswa mampu mencapai hasil belajar yang optimal . Hal Ini wawancara peneliti dengan sorang guru matematika SMP Muhammadiyah 57 Modern ibu Fitri Wahyuni Siregar , S . Pd selaku guru bidang studi matematika di kelas VII-C ternyata siswa yang memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru ada 9 orang , dikarenakan kurangnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika . Keaktifan siswa dalam belajar sangatlah penting . Ini menjadi perhatian khusus bagus bagi para guru. 2(September), 118–124.
Sin, E., Winarko, W., Ika, Y., Pranyata, P., & Sin, E. (2018). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ). 1, 11–12.
Siswanti, R., & Harjono, N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL. 6(1), 60–71