Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Pembelajaran Explicit Intruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran Explicit Instruction yang dapat meningkatkan hasil belajar matematis peserta didik yang valid. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D)model 4-D yang meliputi empat tahapan yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi maka penelitian ini sampai 3-D yang meliputi tiga tahapan yaitu tahapan pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (Develop). Tahapan define merupakan tahapan awal dari permasalahan. Tahapan design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahapan develop dilakukan validasi instrumen berupa angket kepada validator oleh ahli media dan guru. Hasil dari penelitian menghasilkan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran Explicit Instruction untuk meningkatkan hasil belajar matematis siswa kelas VIII yang valid. Berdasarkan hasil dari angket validator lembar kerja peserta didik dapat di nilaidari validasi ahli media dengan rata-rata nilai 3,00 dengan kriteria “Baik” dan apabila dipersentasekan yaitu 75% dalam kategori “Layak” untuk penilaian RPP. Adapun untuk hasil penilaian pada Bahan Ajar yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik yaitu 3,02 dengan kriteria “Baik” dan apabila dipersentasekan yaitu 75,55% dalam kategori “Layak”. Kemudia hasil penilaian dari angket peserta didik diperoleh rata-rata persentase 85,96% dengan kategori sangat positif dan dapat dibuktikan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) berkategori efektif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.