Pengembangan E – Modul Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Pada Materi Himpunan di SMP Muhammadiyah 8 Medan
Main Article Content
Abstract
Jenis penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D). 
Penelitian pengembangan ini  dilakukan untuk menghasilkan produk serta mengetahui 
validitas, respon siswa terhadap E  – modul sebagai bahan ajar alternatif siswa yang 
telah dihasilkan. Produk ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang 
dimodifiksi menjadi 3 tahap yaitu analisis (analysis), perancangan (design), serta 
pengembangan (development). Penelitian ini mengembangkan E  – modul Matematika 
Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Pada Materi Himpunan Di SMP Muhammdiyah 8 
Medan. Subjek dari penelitian  ini merupakan siswa kelas VII – SMP yang terdiri dari 
10 siswa, dimana peneliti memilih responden berdasarkan skala kecil. E  – modul yang 
telah dibuat memehuni kriteria kevalidan yang ditunjukan dengan menggunakan 
lembar validasi ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media  mencapai skor 
rata-rata 3.06 dengan kriteria  “valid”, serta hasil validasi ahli materi mencapai skor 
rata- rata 3.15 dengan kriteria  “valid”. Aspek kemenarikan berdasarkan respon siswa 
mencapai skor rata-rata 3.43 dengan kriteria “menarik”.  Berdasarkan hasil penelitian 
serta pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa e – modul 
matermatika sebagai bahan ajar alternatif siswa pada materi himpunan layak dan 
menarik untuk digunakan yang ditinjau dari aspek kevalidan dan respon siswa. 
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
							