Pengembangan E – Modul Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Pada Materi Himpunan di SMP Muhammadiyah 8 Medan
Main Article Content
Abstract
Jenis penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D).
Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk serta mengetahui
validitas, respon siswa terhadap E – modul sebagai bahan ajar alternatif siswa yang
telah dihasilkan. Produk ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang
dimodifiksi menjadi 3 tahap yaitu analisis (analysis), perancangan (design), serta
pengembangan (development). Penelitian ini mengembangkan E – modul Matematika
Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Pada Materi Himpunan Di SMP Muhammdiyah 8
Medan. Subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas VII – SMP yang terdiri dari
10 siswa, dimana peneliti memilih responden berdasarkan skala kecil. E – modul yang
telah dibuat memehuni kriteria kevalidan yang ditunjukan dengan menggunakan
lembar validasi ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media mencapai skor
rata-rata 3.06 dengan kriteria “valid”, serta hasil validasi ahli materi mencapai skor
rata- rata 3.15 dengan kriteria “valid”. Aspek kemenarikan berdasarkan respon siswa
mencapai skor rata-rata 3.43 dengan kriteria “menarik”. Berdasarkan hasil penelitian
serta pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa e – modul
matermatika sebagai bahan ajar alternatif siswa pada materi himpunan layak dan
menarik untuk digunakan yang ditinjau dari aspek kevalidan dan respon siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.