Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Kemampuan Peserta Didik SMK Negeri TKJ di Kabupaten Sikka

Main Article Content

Benedikta Yulianti Hale
Nur Chotimah
Dian Ernaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan handphone pada pembelajaran dan dampaknya terhadap kemampuan kognitif peserta didik SMK Negeri TKJ di Kabupaten Sikka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Informan dalam penelitian ini berjumlah delapan (8) informan yang terdiri dari tenaga pendidik dan peserta didik.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pihak sekolah mengizinkan menggunakan handphone di sekolah sebagai media pembelajaran, namun dibawah pengawasan guru. Penggunaan handphone dalam proses belajar mengajar menunjukkan bahwa peserta didik sangat aktif dalam belajar, meningkatkan motivasi dan prestasi belajar. Tetapi ada dampak lain penggunaan handphone adalah mengurangi konsentrasi dan kemampuan kognitif peserta didik akibat dari penggunaan handphone secara berlebihan atau diluar instruksi dari tenaga pendidik

Article Details

How to Cite
Yulianti Hale, B. ., Chotimah, N. ., & Ernaningsih, D. . (2021). Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Kemampuan Peserta Didik SMK Negeri TKJ di Kabupaten Sikka. Holistic Science, 1(1), 4–7. https://doi.org/10.56495/hs.v1i1.14
Section
Articles

References

Dana Aswandi dan Heppy Lismayanti. (2019). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Pendidikan Karakter Anak di Era Mileneal. Vol.4, No.1 (2019): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.

Dekinus Koyoga. (2015). Dampak Penggunaan Handphone Pada Masyarakat (Studi Pada Masyarakat Desa Iungun Kecamatan Gamelia Kabupaten Lanny Jaya Papua, e-journal “Acta Diurna”volume IV. No.4. Tahun 2015.

Endang Sriningsih. (2015). Jurnal Madaniyah, Volume 2 Edisi IX Agustus 2015, Upaya Meningkatkan Kemampuan siswa.

Nova Fitriani Wahdah. (2016). Jurnal Belajar Sebagai Sarana Pengembangan Kemampuan Metakognisi Siswa J. Pijar MIPA, Vol. XI No.1, Maret 2016: 70-74.

Rahma Istifadah. (2018). Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perilaku Peserta Didik Disma Piri Kecamatan Jatiagung kabupaten Lampung Selatan. Skripsi. Repository.Radenintan.ac.id.

Saddhono, Kundharu. 2008. “Tradisi Sekaten di Keraton Kasunanan Surakarta Kajian Deskriptif dan Alternatif Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah” dalam Jurnal Pendidikan dan kebudayaan Tahun ke-14, No. 074, September 2008 (Terakreditasi). Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Sutarman. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka. Cipta. Jakarta.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif.

Wahyu Nugroho. (2019). Pengaruh layanan mediasi terhadap perilaku bullying pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 gondangrejo tahun pelajaran 2015-2016. Jurnal Medi Kons Vol.5 No.2 Oktober 2019.

Wiguna, F. (2015). Kegunaan, Fungsi, Manfaat dan Kerugian Handphone. Diakses pada tanggal 12 Juni 2020 dari: Jurnal Magistra Volume 6 –Nomor 1, Januari 2019, (034-044). Avalilable online at http://ejournal.unms.ac.id/index.php/magistra.