Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Aplikasi Capcut Pada Mata Pelajaran Desain Publikasi Materi Photoshop Dasar Siswa Kelas XI Jurusan Desain Komunikasi Visual SMK Al – Falah Pesanggrahan Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo

Main Article Content

Septian Firmansah
firman jaya
Siti Seituni

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Aplikasi CapCut Pada Mata Pelajaran Desain Publikasi Materi Photoshop Dasar Siswa Kelas XI Jurusan Desain Komunikasi Visual SMK Al – alah Pesanggrahan Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo” ini bertujuan untuk mengetahui Kelayakan dari Video Pembelajaran di SMK Al – Falah Pesanggrahan Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) atau sering dibilang RND dengan mengunakan metode Deskriptif Kulaitatif. Narasumber dalam Penelitian kali ini adalah Guru dan juga seluruh Siswa Kelas XI Jurusan DKV. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode yaitu Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Setelah itu dalam pengolahan data akhir peneliti mengunakan Reduksi Data, Display Data, dan Penarikan Kesimpulan untuk mengetahui kelayakan dari Video Pembelajaran ini. Dari semua narasumber, video pembelajaran ini layak untuk digunakan pada Kelas XI Jurusan DKV pada Mata Pelajaran Desain Publikasi.

Article Details

How to Cite
Firmansah, S., Jaya, F., & Seituni, S. . (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Aplikasi Capcut Pada Mata Pelajaran Desain Publikasi Materi Photoshop Dasar Siswa Kelas XI Jurusan Desain Komunikasi Visual SMK Al – Falah Pesanggrahan Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo. Holistic Science, 1(2), 21–24. https://doi.org/10.56495/hs.v1i2.21
Section
Articles

References

Jayusman, I dan Shavab, O. A. K. 2020. “Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Aktifitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran EDMODO dalam Pembelajaran Sejarah”. Dalam Jurnal Artefak, Volume 7 No. 1. FKIP Universitas Siliwangi, Indonesia.

Jordan. M. 2010. “Panduan Praktis Desain Grafis Profesional dengan Adobe Photoshop CS4”. Semarang : ANDI Yogyakarta.

Mukhtar. 2013. “Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif”. Padang : REFERENSI (GP Press Group).

Nuzulina, A. H. 2015. “Pengembangan Video Pembelajaran Fisika pada Materi Fluida Statis SMA”. Universitas Sebelas Maret Solo.

Pah, M. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Mengacu Kurikulum SD 2013 Subtema Bersyukur atas Keberagamaan untuk Siswa Kelas IV SDN Kalasan 1”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Pangesti. A. D. 2019. “Research and Development : Penelitian yang Produktif dalam Dunia Pendidikan”. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Ramdhani, M. A. 2014. “Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter”. Dalam Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Volume 8 No. 01. Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut.

Rayanto, B. H. dan Sugianti. 2020. “Penelitian Pengembangan Model ADIIE dan R2D2 : Teori dan Praktek”. Pasuruan : Lembaga Academic & Research Institude.

Sugiyono. 2016. “Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung : CV Alfabeta.

Supardi, Y. 2010. “Aplikasi Populer HandPhone”. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Tinarbuko, S. “Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global”.

Tristianto, C. 2018. “Penggunaan Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pengembangan Pedesaan”. Dalam Jurnal Teknologi Informasi ESIT, Volume XII. STMIK Eresha.