Pengaruh Pembelajaran Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX SMP Nurul Huda

Main Article Content

Romy Febiyanto
Firman jaya
Astin Dari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis multimedia menggunakan google classroom terhadap minat belajar siswa kelas IX SMP Nurul Huda kapongan tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Nurul Huda Kapongan yang terdiri dari 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Obsevasi, Wawancara, Dokumentasi dan Angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan one way anova. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran multimedia menggunkan Google Classroom pada mata pelajaran TIK bab Microsoft word di SMP Nurul Huda kapongan tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini ditunjukkan dengan hasil regresi linier sederhana. Adapun hasil regresi linier sederhana yaitu korelasi antara variabel X dan variabel Y rendah dan hasil dari perhitungan, diperoleh t-hitung=1,323 dan t-tabel=1,318 sehingga t-hitung=1,323 > t-tabel=1.318. Dengan demikian berdasarkan kriteria pengujian uji – t, h-1 diterima h-o ditolak artinya berdasarkan hipotesis awal H1 terdapat pengaruh pembelajaran multimedia menggunakan Google  Classroom terhadap minat belajar siswa

Article Details

How to Cite
Febiyanto, R., jaya, F. ., & Dari, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX SMP Nurul Huda. Holistic Science, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.56495/hs.v1i2.25
Section
Articles

References

Aditya, M. Y. (2018). Penerapan Google Classroom pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Lembaga Kursus Bahas Inggris (E-Home dan Fun Learning) Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Elpeduaem, 4(4), 15–18.

Anshari, M., Almunawar, M. N., Shahrill, M., Wicaksono, D. K., & Huda, M. (2017). Smartphones usage in the classrooms: Learning aid or interference?. Education and Information Technologies, 22(6), 3063-3079.

Achmad, Z. A., & Ida, R. (2018). Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian. The Journal of Society & Media, 2(2), 130.https://doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p130-145

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Fatkhul Arifin, The Effectiveness of Google Classroom Media 284 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, Vol. 6 No.2, October 2020 Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. JurnalAt-Tafkir, 11(1), 86.

Gunawan, F. I. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa SmkFauzan,

Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. I-statement, 2(1). 1-6

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102

Islamiyah, M., & Widayanti, L. (2016). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10(1), 41–46.

Lestari, I. (2002). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif.

Munir. (2015). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: (Alfabeta).

Nadziroh, F. (2017). Analisa Sistem Pembelajaran. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual, 2(1), 1–14.

Pratama, Dicky. & Hendri Sopryadi, “Analisis Pengaruh Pemanfaatan Google Classroom terhadap Efisiensi pada STMIK XYZ”, Seminar Nasional Teknologi Informasi 2016.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Zakaria, E., & Salleh, F. (2012). Teachers’ Creativity in Posing Statistical Problems from, 10(3), 165-174Elwess, N. L., Latourelle, S. M., & Myers, L. (2018). DNA barcoding of stoneflies (Plecoptera) in a general genetics course. Journal of Biological Education,52(4),406–414.https://doi.org/10.1080/00219266.2017.1403359