Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Daring Dalam Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Multiedia Di SMKS Ibnu Khodun Al Hasyimi Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2020-2021

Main Article Content

Ahmad fathor Rozi lutfi
Siti Seituni
Dyan Yuliana

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Dala Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Multimedia Smks Ibnu Kholdun Al- Hasyimi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah 2 guru multimedia dan seluruh peserta didik kelas X Multimedia yang berjumlah 28 peserta didik. Pada analisis data, penelitian ini diawali dengan pengumpulan data, pada pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Dari ke tiga puluh narasumber tersebut cukup membuktikan bahwa metode pembelajaran menggunakan aplikasi Zoom Meeting efektif digunakan sebagai metode pembelajaran dalam peningkatan minat belajar siswa di masa pandemic ini.

Article Details

How to Cite
Rozi lutfi, A. fathor, Seituni, S., & Yuliana, D. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Daring Dalam Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Multiedia Di SMKS Ibnu Khodun Al Hasyimi Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2020-2021. Holistic Science, 1(2), 63–65. https://doi.org/10.56495/hs.v1i2.26
Section
Articles

References

Andar Danova L. Goltom, Rabu, 29 September 2020. 5 Manfaat Penggunaan Siakad Cloud dan Media Zomm. https://sevima.com/5-manfaat-menggunakan-Zoom-andar-danova-l-goeltom-s-sos-mssc/, 21 Januari 2020.

Cahyati, Nika, dkk. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 4(1), 152-159.

Ermayulis, Syafni. Minggu, 23 Agustus 2020. Penerapan Sistem Pembelajaran Daring dan Luring di Tengah Pandemi Covid-19.www.Stit-alkifayahriau.ac.id. 21 Januari 2021.

Elwess, N. L., Latourelle, S. M., & Myers, L. (2018). DNA barcoding of stoneflies (Plecoptera) in a general genetics course. Journal of Biological Education,52(4),406–414.https://doi.org/10.1080/00219266.2017.1403359

Jayul, Ahmad dan Irwanto, Edi. (2011,). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19,Jurnal pendidikan Kesehatan rekreasi, 6(2),190 - 199.

Khozzatul Ilmi, A. (2017). Peran kiai dalam pendidikan kepemimpinan pada santri di pondok pesantren madrosatul qur’an karang joho, mojo, andong, boyolali skripsi. Retrieved from http://www.albayan.ae

Matdio, Siahaan. (2015). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1-3.

Putra Pratama, T. (2014). program pasca sarjana FKIP USM. ???,8(33), 44

Sugiono. (2016). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. bandung.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif (Cet. III; Bandung: Alfabeta, 2007) (III). Bandung.

Wikipedia. Sabtu, 14 November 2020.PeristiwaPandemic Covid-19.https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19, 21 Januari 2020.

.2(2).