Use of the Problem Based Learning (PBL) Learning Model To Improve Student Learning Outcomes in Subjects Social Sciences Class IV at SD Negeri 064967 Medan Timur

Main Article Content

Novita Novita
Elfrianto Elfrianto

Abstract

Problem based learning (PBL) is a learning model that trains and develops the ability to solve problems that are otiented toward autehentic problems from student lives (Pulu Suardanan. 2019). The aim of this research is to improve students social studies learning out comes by using. The Problem Based Learning (PBL). The main Problem studied in this research is the learning out comes of students in class IV social student at SD Negeri 064967 Medan. The method used in this research is classroom action research (PTK) which consist of two cyscles consistof two meetings, the isntruments used are observation sheets, field notes and learning outcomes test (Post Test)

Article Details

How to Cite
Novita, N., & Elfrianto, E. (2024). Use of the Problem Based Learning (PBL) Learning Model To Improve Student Learning Outcomes in Subjects Social Sciences Class IV at SD Negeri 064967 Medan Timur. Holistic Science, 4(3), 500–503. https://doi.org/10.56495/hs.v4i3.599
Section
Articles

References

Ahmad, & Rahmi. (2017). Korelasi motivasi belajar menggunakan media berbasis video dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi gejala alam di kelas V SD Negeri 1 Peusangan. Jurnal Pendidikan Almuslim, 1.

Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic literature review: Model problem based learning pada pembelajaran matematika sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404–417.

Astawa, I. B. M. (2022). Peningkatan spatial thinking skills siswa dalam pembelajaran geografi melalui metode demonstrasi berpendekatan kontekstual. Journal of Education Action Research, 6(2), 242–251.

Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2018). Berkebutuhan khusus dalam perspektif. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 57–71. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/download/1929/1408/

Candra Pratiwi, J. (2015). Sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus: Tanggapan terhadap tantangan kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi”, 237–242.

Edukasi, Jurnal. (2023). Penggunaan media permainan kartu UNO dalam meningkatkan. Edukasi, 1, 139–145.

Elfrianto, E., Nasution, I. S., & Siregar, E. F. (2020). Implementasi pembelajaran aktif berorientasi MIKIR (Mengamati, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) di SD Muhammadiyah 12 Medan. Pelita Masyarakat, 2(1), 9–16.

Elmanidar, N., Fakhriyah, F., & Rondli, W. S. (2023). Pengaruh model project based learning berbantuan media pop up book terhadap peningkatan kreativitas siswa pada tema 8 kelas 5 SDN 1 Mayong Kidul. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4, 491–497. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3001

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355.

Hanifia, S., & Amelia, C. (2022). Upaya meningkatkan membaca cepat siswa melalui metode SAS (Structural Analytic Syntactic) kelas II SDN 3 Kutacane Perapat Timur. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(2), 60–75.

Lestari, A., et al. (2021). Pengaruh metode PJBL terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 264–270. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS

Ma`arif, M. A., & Rusydi, I. (2020). Implementasi pendidikan holistik di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(1), 100–117.

Mardi, F. D. G. R., & Putro, K. Z. (2021). Faktor penyebab anak berkebutuhan khusus dan klasifikasi ABK. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40.

Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model pembelajaran respons verbal dalam kemampuan berbicara.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Rachman, R. F. (2020). Kebijakan pendidikan anak berkebutuhan khusus di Surabaya dalam perspektif Islam. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(1), 125.

Rahayu, S. M. (2015). Memenuhi hak anak berkebutuhan khusus anak usia dini melalui pendidikan inklusif. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2).

Saharsa, U., et al. (2018). Efektivitas penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan video based laboratory terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2). http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Sari, S. P., & Siregar, E. F. S. (2020). Pengaruh model pembelajaran abad 21 4Cs dalam meningkatkan keterampilan membuat pertanyaan tingkat tinggi mahasiswa PGSD FKIP pada materi gejala alam. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 208–215.

Supriyatna, T., & Suwarni. (2017). Perancangan dan implementasi sistem informasi pemantauan perkembangan anak berkebutuhan khusus pada Sekolah Luar Biasa Abdi Pratama. Jurnal Teknologi Informasi, 5(2), 304–312.

Syamsul, H., Muhammad, D. H., & Subandi, A. (2022). Research & learning in primary education. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 1–7.

Wardah, E. Y. (2019). Peranan guru pembimbing khusus lulusan non-pendidikan luar biasa (PLB) terhadap pelayanan anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi Kabupaten Lumajang. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi, 2(2), 93.

Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus dengan gangguan emosi dan perilaku. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(2), 1.

Yazidi, A. (2014). Memahami model-model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya, 4(1), 89.

Yuristia, F., Hidayati, A., & Ratih, M. (2022). Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis problem based learning pada pembelajaran tematik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2400–2409.

Yusuf, M. U. (2009). Pengaruh cara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar program mable logic controller (PLC) siswa kelas III jurusan listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK.