Implementation of Coaching Method in Improving Students' Leadership Style at Abu Syafa Modern Islamic Boarding School

Main Article Content

Yohana Yohana
Rabitah Hanum Hasibuan

Abstract

The problem in this study focuses on the fact that many students are still inactive and lack confidence in leadership. This is due to the use of conventional teaching methods and minimal guidance. The study aims to analyze the implementation of coaching to improve students' leadership styles at Pondok Pesantren Modern Abu Syafa Binjai and to evaluate its impact on the development of their leadership skills. This research uses a qualitative method with a descriptive approach. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The results show that the coaching method is effective in enhancing students' confidence, critical thinking, and independence in decision-making. Previously passive students became more proactive in pesantren organizations. Key factors influencing the success of coaching include student motivation, mental readiness, and the coach’s communication and guidance skills.

Article Details

How to Cite
Yohana, Y., & Hasibuan, R. H. (2025). Implementation of Coaching Method in Improving Students’ Leadership Style at Abu Syafa Modern Islamic Boarding School. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 5(2), 464–474. https://doi.org/10.56495/jrip.v5i2.1092
Section
Articles

References

Abdullah, & Putra, M. J. A. (2025). Pengaruh supervisi berbasis refleksi dan coaching terhadap peningkatan kompetensi guru: Studi kasus di MTsN 3 Siak. Indonesian Research Journal on Education, 5(3).

Aldi, M. F., Mujanah, S., & Fianto, A. Y. A. (2024). Pengaruh gaya kepemimpinan dan teknologi informasi terhadap kinerja pegawai melalui motivasi sebagai variabel intervening. MES Management Journal, 3(2). https://doi.org/10.56709/mesman.v3i2.375

Alindawati, F., Dike, D., & Yani, A. (2024). Implementasi supervisi akademik dengan metode coaching untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran di SD Negeri 21 Skp.G Sp.2 Emparu Sintang. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(2).

Ambarwati, S., Suhartono, S., & Nurhasanah, N. (2021). Pengaruh kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1047

Andika, R. R., Kustati, M., & Amelia, R. (2024). Analisis lingkungan sosial pesantren terhadap kemandirian santri. KHIDMAT: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2).

Azis, A. M. R. F. (2024). Implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di sekolah menengah kejuruan. Unisan jurnal, 3(7), 275-282.

Darmansah, T., Syahirah, F., Sibarani, L. A., & Parlindungan, S. (2024). Strategi implementasi kebijakan pendidikan dalam peningkatan mutu di mts ummul quraa tembung. Ami: jurnal pendidikan dan riset, 2(2), 85-91.

Fahrun, M. (2023). Optimalisasi mutu kinerja SDM (ustadz) pondok pesantren di TMI Al-Amien Prenduan Madura. JoIEM (Journal of Islamic Education Management, 4(1). https://doi.org/10.30762/joiem.v4i1.692

Hakim, L. N., Hanum, A., & Salminawati. (2024). Peran pengurus organisasi pelajar pondok dalam menegakkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Modern Kabupaten Langkat. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(3). https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i3

Harsoyo, R. (2022). Teori kepemimpinan transformasional Bernard M. Bass dan aplikasinya dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2). https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.112

Hasibuan, R. H., Awaliyah, R., & Nurhasanah, N. (2023). Pendampingan komunitas guru PAUD dalam merancang capaian pembelajaran berbasis muatan literasi dan STEAM. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 80–90. https://doi.org/10.53621/jippmas.v3i2.270

Juhadira, Hasniati, Ririk, Lilianti, & Nasir. (2024). Implementasi metode coaching dalam supervisi akademik. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 6(1). https://doi.org/10.51454/jimsh.v6i1.404

Kaendung, E., Pangemanan, F., & Undap, G. (2021). Implementasi kebijakan tentang Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kota Manado. Jurnal Governance: Jurusan Ilmu Pemerintahan FISPOL Unsrat, 1(2). 1-11

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). Al-Qur’an hafalan mudah terjemahan dan tajwid warna. Cordoba International.

Klau, Y. H. (2024). Implementasi program coaching guru senior untuk meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru-guru muda di SMP Negeri 21 Kota Kupang tahun pelajaran. Bullet: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(4).

Kusumardi, A. (2023). Teknik coaching untuk memahami karakteristik siswa dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3133

Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D. A., & Apsarini, S. F. (2021). Implementasi model pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di kelas III SDN Sindangsari III. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Mardiyatun. (2021). Implementasi coaching individual untuk peningkatan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas. Strategy: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.51878/strategi.v1i1.353

Masruroh, S., Suhartini, A., & Ahmad, E. Q. N. (2022). Implementasi nilai-nilai kepemimpinan di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Kabupaten Karawang. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(1). https://doi.org/10.47467/jdi.v4i1.865

Ningsih, E. M. (2023). Penerapan metode coaching model TIRTA untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah pada rayon kepengawasan Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(3).

Nofitri, F., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Penerapan coaching model alur TIRTA oleh kepala sekolah dalam mensupervisi guru di sekolah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/7556

Nurjaya, Mukhtar, A., & Achsanuddin, N. (2020). Gaya kepemimpinan dan motivasi, pengaruhnya terhadap kinerja pegawai. Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1393

Pawenary, P., Muniroh, M., Suwandi, A., Shalsabilla, S., Pandiangan, I. S., Lestari, N. I., & Ramadani, H. (2025). Memberikan Pelatihan Motivasi Leadership dan Attitude kepada Siswa-siswi Tingkat Akhir SLTA Aliyah Pesantren Pondok Darul Qur’an Lantaburo. Jurnal Abdimas Madani dan Lestari (JAMALI), 122-126. https://doi.org/10.20885/jamali.vol7.iss1.art15

Rahmayanti, K., Hamdi, N., Putri, J. R., & Iqlima, A. (2024). The importance of self-understanding in personal development. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Kesehatan), 6(2).

Rindarti, E., Madrasah, P., Kemenag, K., & Pusat, J. (2021). Implementasi coaching untuk meningkatkan kemampuan kepala madrasah melaksanakan evaluasi pembelajaran jarak jauh. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.5680948

Rogahang, A. L., Tulusan, F. M. G., & Palar, N. R. A. (2023). Implementasi kebijakan pengentasan kemiskinan di Desa Molompar Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Administrasi Publik, 9(4).

Romzi, M., Farwati, W. W., Salas, M. K., & Syauqi, M. (2023). Pengembangan kepemimpinan peserta didik melalui organisasi intra sekolah di SMA Annuqayah. Kabilah: Journal of Social Community, 8(1).

Rusmini, R., Emilyani, D., & Dramawan, A. (2023). Efektivitas model pendekatan manajemen coaching bimbingan akademik terhadap indeks prestasi mahasiswa jurusan keperawatan. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 7(1). https://doi.org/10.32419/jppni.v7i1.364

Setianingsih, E., & Suharto, W. B. (2024). Penerapan coaching dalam meningkatkan kinerja tim kesiswaan di SMK Negeri 1 Purwojati. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.51878/learning.v4i2.2860

Shihab, M. Q. (2021). Tafsir Al-Misbah: Pesan, kesan, dan keserasian Al-Qur’an. Lentera Hati.

Soro, S. H., Hakim, A. R., Rahayu, S., & Pangestuti, W. R. (2024). Implementasi supervisi akademik berbasis coaching oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sekolah dasar negeri cicalengka 06 kabupaten bandung. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 2235-2242. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1241

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriono, & A’yun, Q. (2020). Behavior theory of leadership. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1). http://www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id

Syah, A. M. (2023). “Jagongan Santri” sebagai metode melatih nalar kritis dan membentuk karakter santri: Studi kasus di Pondok Langgar Panggung Kiai Mastur Lamongan. Busyro: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 4(2). https://doi.org/10.55352/kpi.v4i2.247

Tojiri, Y., Putra, H. S., & Faliza, N. (2023). Dasar metodologi penelitian: Teori, desain, dan analisis data. Takaza Innovatix Labs.

Trihantoyo, S., Amalia, K., Haq, M. S., & Karwanto. (2022). Penguatan kapasitas organisasi melalui leadership training menghadapi normal baru di pondok pesantren. Journal of Community Engagement in Education, 1(1).

Wijayanto, A. (2024). Operasionalisasi model, metode, dan strategi pembelajaran (Issue September). Tulungagung: Akademia Pustaka. https://doi.org/10.5281/zenodo.13864554

Wilopo, Dewantara, R., & Wiyata. (2023). Metodologi penelitian sistem berbasis action research: Teori dan aplikasinya. Universitas Brawijaya Press.

Zakaria, F., Mulyana, D., Rachmawati, T. S., Khadijah, U. L. S., Gemiharto, I., & Hafiar, H. (2022). Perubahan pola komunikasi dalam proses pembelajaran di pondok pesantren pada masa pandemi Covid-19. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(2). https://doi.org/10.35814/coverage.v12i2.2349

Zulfitria, Z., Suryadi, A., Rudiatin, E., Arif, Z., & Lubis, M. (2024). Pembentukan karakter kepemimpinan dalam pembelajaran robotik. Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat, 7(1), 53-62.