Model Bimbingan Kelompok Dalam Teknik Layanan Diskusi Untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik Di Kelas XI.IIS 3 SMA Negeri 2 Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai

Main Article Content

Margareta Margareta

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya rasa percaya diri peserta didik kleas XI SMA Negeri 2 Sipora Kabupaten kepulauan Mentawai. Tujuan dalam penelitian ini adalah, 1) mendeskripsikan profil percaya diri peserta didik siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai 2) mendeskripsikan Model Bimbingan Kelompok dalam teknik Diskusi dalam teknik oleh guru BK untuk meningkatkan percaya peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Sipora Kabupaten kepulauan Mentawai 3) Model rancangan bimbingan kelompok dalam membantu meningkatkan percaya diri peserta didik berbasis diskusi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode mixed method. Sampel yang dipilih dengan Propertional random sampling, yaitu sebanyak30 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan teknik persentase, serta wawancara dengan informan yaitu guru BK di SMA Negeri 2 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai.Teknik analisis data yang digunakanyaitu menggunakan rumus persentase dan mendeskripsikan hasil wawancara yang dilakukan dengan informan kunci. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: Profil percaya diri peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Sipora Kabupaten kepulauan Mentawai dilihat dari tiap sub indikator yaitu indikator percaya diri dalam tingkah laku tergolong dalam kriteria cukup Baik dengan persentase 83,33%. Indikator Percaya Diri yang Berkenaan Dengan Emosi tergolong kedalam kriteria cukup Baik 76,67%. Maka secara keseluruhan profilpercaya diri peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Sipora Kabupaten kepulauan Mentawai tergolong kedalam kriteriaCukup Baik dengan persentase 93,33%. Model bimbingan kelompok dalam teknik diskusi oleh guru BK untuk meningkatkan percaya diri peserta didik yaitu. peneliti memberikan kesimpulan dan penguatan kepada siswa. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada Guru bimbingan dan konseling/konselor untuk dapat mengetahui meningkatkan percaya diri peserta didik.

Article Details

How to Cite
Margareta, M. (2021). Model Bimbingan Kelompok Dalam Teknik Layanan Diskusi Untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik Di Kelas XI.IIS 3 SMA Negeri 2 Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 1(1), 6–8. https://doi.org/10.56495/jrip.v1i1.57
Section
Articles