Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Pedagogik Guru BK di Kelas XII SMA Negeri 4 Kota Solok
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru BK ditinjau dari sisi memahami peserta didik. 2) Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru BK ditinjau dari sisi merancang pelayanan. 3) Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru BK ditinjau dari sisi melaksnakan layanan. 4) Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru BK ditinjau dari sisi merancang dan melaksanakan evaluasi layanan. 5) Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru BK ditinjau dari sisi mengaktualisasi potensi peserta didik.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 229 peserta didik yang dipilih dengan teknik propotional random sampling dengan 146 partisipan. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data dianalisismenggunakan rumus persentase.Berdasarkan hasil penelitian tentang persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru BK di kelas XII SMA Negeri 4 Kota Solok dappat disimpulkan sebagai berikut: 1) Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru BK ditinjau dari sisi memahami peserta didik berada pada kategori cukup baik. 2) Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru BK ditinjau dari sisi merancang pelayanan berada pada kategori cukup baik. 3) Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru BK ditinjau dari sisi melaksnakan layanan berada pada kategori cukup baik. 4) Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru BK ditinjau dari sisi merancang dan melaksanakan evaluasi layanan berada pada kategori cukup baik. 5) Persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru BK ditinjau dari sisi mengaktualisasi potensi peserta didik berada pada kategori cukup baik.Hasil penelitian ini merekomendasikan agar guru BK meningkatkan kemampuan pedagogik sehingga terlaksananya layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.