The Influence of Using Video-Based Learning Media on Interest in Learning Marketing Basics in Class X PM Students at SMK Negeri 1 Medan

Main Article Content

Adinda Dwi Melinda Br Hutabarat
Aurora Elise Putriku

Abstract

This study aims to determine the effect of using video-based learning media on students' interest in learning in the subject of Marketing Basics in class X PM SMK Negeri 1 Medan. The background of this study is based on the low interest in learning of students caused by the use of conventional learning media that are less interesting. The method used in this study is a quantitative method with an associative approach. Data collection techniques were carried out through questionnaires distributed to 72 students of class X PM. Data analysis used simple linear regression assisted by the SPSS version 25 program. The results of the study showed that the use of video-based learning media had a positive and significant effect on students' interest in learning. Thus, the use of video media can be an alternative effective learning strategy to increase student participation and enthusiasm for learning in class.

Article Details

How to Cite
Hutabarat, A. D. M. B., & Putriku, A. E. (2025). The Influence of Using Video-Based Learning Media on Interest in Learning Marketing Basics in Class X PM Students at SMK Negeri 1 Medan. Economic: Journal Economic and Business, 4(3), 484–489. https://doi.org/10.56495/ejeb.v4i3.1187
Section
Articles

References

Amral, S. P., & Asmar, S. P. (2020). Hakikat belajar dan pembelajaran. Guepedia.

Ananda, R., Rifai, M., & Nasution, J. M. (2022). Pengaruh minat belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(1), 1177–1184.

Ayuningtias, S. F., & Purnamasari, N. L., (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap minat dan hasil belajar siswa di SMK Perwari Tulungagung. Journal of Education and Information Communication Technology, 3(1), 30–36.

BatuBara, Y. A., Zetriuslita, Z., Dahlia, A., & Effendi, L. A. (2021). Analisis minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran e-comic aritmatika sosial masa pandemi COVID-19. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10.

Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap pemahaman akuntansi pada mahasiswa program studi akuntansi di Universitas Medan Area. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(2), 99–108.

Dewi, S. L. (2021). Pengaruh metode mengajar terhadap minat belajar siswa sekolah dasar pada pelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 755–764.

Feri, A. (2019). Pengaruh penggunaan media video terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas XI pada pelajaran PAI di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 56–70.

Hayati, F., & Ananda, R. (2020). Variabel belajar kompilasi konsep. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Istiqla, A. (2019). Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144.

Juliati, Yusuf, & Sandi. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 277–283.

Lestari, & Mokhammad. (2018). Penelitian pendidikan matematika: Panduan praktis menyusun skripsi, tesis, dan laporan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi disertasi dengan model pembelajaran dan kemampuan matematis. Bandung: Refika Aditama.

Mandey, S. (2021). Pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar peserta didik kelas tinggi di SD Inpres Tara-Tara 2. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5), 310–319.

Melinda, R., Harjono, H. S., & Rista. (2022). Pengaruh penggunaan media audio visual dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 58–70.

Napitupulu, M. B., Ariwan, S., Turnip, H., Pasaribu, A. G., & Malau, O. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap minat belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Siborong-Borong tahun pembelajaran 2023/2024. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(3), 3200–3231.

Nikmatul, I., & Karyaningrum, A. E. (2019). Penerapan model pembelajaran langsung dengan video untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membuat pola celana di SMK Negeri 1 Baureno Bojonegoro. E-Journal, 3(3), 20–31.

Pramita, A. R., Nugraheni, A., Sagita, R., & Aprilyana, D., (2024). Permasalahan dalam pembelajaran kurangnya minat belajar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(3), 1056–1060.

Purnaningsih, P. (2020). Strategi pemanfaatan media audio visual untuk peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 34–41.

Putra, H. M., & Prijowantono, S. W. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis video pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian di SMK Negeri 1 Godean kelas X. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, 15(1), 11–19.

Putri, R. P. (2021). Analisis penggunaan media pembelajaran berbasis video pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3068–3084.

Rachmawati, A., & Sojanah, J. (2019). Pengaruh media pembelajaran dan komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan di SMKN 1 Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 215–227.

Ramadani, N., Ananda, L. J., Rangkuti, I., Simanjuntak, E. B., & Manurung, I. F. U. (2023). Analisis minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri 066054 Kec. Medan Denai T.A 2022/2023. Journal of Student Development Information System, 3(2), 159–274.

Santi, E. (2021). Peningkatan kualitas pembelajaran materi membuat benda konstruksi melalui model explicit instruction. Journal of Elementary Education, 3(2), 34–41.

Simanjuntak, D. D. A., Sitorus, D. P. M., & Gultom, B. T. (2023). Pengaruh media pembelajaran audio visual dan variasi mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas IX mata pelajaran IPS SMP Negeri 11 Pematangsiantar. Jurnal Sains Student Research, 1(2), 708–718.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yudianto, A. (2019). Penerapan video sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan.

Zayani, N. A., Huhsin, M., & Rozi, F. (2020). Pengaruh kompetensi, kenyamanan lingkungan, komunikasi interpersonal, dan semangat kerja terhadap kualitas pelayanan administrasi terpadu bidang non perizinan. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 768–788.