Efektivitas Metode Pembelajaran Blended Learning Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas X Multimedia SMKS Ibnu Kholdun Al-Hasyimi Tahun Pelajaran 2020/2021

Main Article Content

Ummy Heny
Rahmat Shofan Razaqi
Arico Ayani Suparto

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas metode pembelajaran blended learning dalam peningkatan minat belajar siswa kelas X multimedia SMKS Ibnu Kholdun Al-Hasyimi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah 2 guru multimedia dan seluruh peserta didik kelas X Multimedia yang berjumlah 28 peserta didik. Pada analisis data, penelitian ini diawali dengan pengumpulan data, pada pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Dari ke tiga puluh narasumber tersebut cukup membuktikan bahwa metode pembelajaran blended learning efektif digunakan sebagai metode pembelajaran dalam peningkatan minat belajar siswa

Article Details

How to Cite
Heny, U., Shofan Razaqi, R., & Ayani Suparto, A. (2021). Efektivitas Metode Pembelajaran Blended Learning Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas X Multimedia SMKS Ibnu Kholdun Al-Hasyimi Tahun Pelajaran 2020/2021. Holistic Science, 1(2), 25–28. https://doi.org/10.56495/hs.v1i2.18
Section
Articles

References

Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. October.

Andi, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Etmodo Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA. 18(1), 43–49.

Ardianti, S., Sulisworo, D., & Pramudya, Y. (2019). Efektivitas Blended Learning Berbasis Pendekatan Stem Education Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Pada Materi Fluida Dinamik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 240–246. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.67

Aritonang, K. T. (2013). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Teachers College Record, 115(10), 11–21.

Aryani, D. (2019). Efektivitas Penggunaa Model Pembelajaran Blended earning Berbasis Quipper School pada Mata Pelajaran Geografi Materi hidrosfer dala Kehidupan Sehari-hari Kelas X SMA Kesatrian 2 Semarang Tahun Ajaran 2018-2019.

Bibi, S. (2015). Efektivitas Penerapan Blended Learning Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. 1, 274–286.

Bibi, S., & Jati, H. (2015). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. 5(2), 74–87.

Fahrudin, D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Pada Materi Sel Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Konservasi Siswa MAN 1 Surakarta.

Fitriani, F. (2019). Metode Penelitian. 28–36.

Hidayat, Y. M. (2014). Persepsi siswa terhadap pola interaksi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di smp dua mei ciputat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Inggriyani, F., Hamdani, A. R., & Dahlan, T. (2019). Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD. 3(April), 28–35.

Komar, K. (2021). Faktor Pembentuk Minat Siswa Putri Kelas V Dan VI Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli Di SD Negeri 180 / II Mulia Bhakti Kecamatan Pelepat Kabupaten BungO. 3(2), 21–30.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama

Islam. 1(1), 150–168.

Purwitasari, I. P., & Harimurti, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. 04, 110–118.

Putra, H. A. (2018). Peranan Desainer Grafis dalam Pembuatan Iklan pada Sakawatu Agency Solo.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitif?: Konsep dan Prosedurnya.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Di Depok. 1(2), 206–216.

Riantika, R. F. P., & Mukminan, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi pada Materi Litosfer Kelas X SMA. 2, 1723–1729.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Saifudin, S. (2012). Metode Penelitian. 45–54.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Suparto, A. A., & Razaqi, R. S. (2019). Penerapan Cisco Packet Tracer Sebagai Media Pembelajaran Jaringan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X TKJ di SMK 2 Ibrahimy Sukorejo. 7(1), 1–16.

Sutisna, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 156–168.

https://doi.org/10.21009/jtp1803.2

Trisnayanti, N. P. E., Sariyasa, S., & Suweken, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa. Inovasi Jurnal Guru, 3(1), 1–196.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran blended learning melalui google classroom di sekolah dasar. 513–521.

Widiara, I. K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. 2(2).