Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Semester Genap Kelas X Multimedia Di SMKS Ibnu Kholdun Al-Hasyimi Tahun Pelajaran 2020-2021

Main Article Content

Ahmad Bashori
Arico Ayani Suparto
Rahmat Shofan Razaqi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis semester genap kelas X multimedia di SMKS Ibnu Kholdun Al-Hasyimi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X multimedia yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan meliputi angket problem based learning dan angket keaktifan siswa. Hasil penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji korelasi, didapatkan hasil bahwa ada hubungan antara variabel bebas (independen) dan variabel terikat (dependen) Karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu t hitung sebesar 0,801 dan t tabel sebesar 0,3739. Pada garis regresi linear diperoleh garis Y = 6, 47 + 0, 85 dengan ketentuan konstanta (a) sebesar 6.474 sedangkan nilai koefisien garis regresi X (b) sebesar 0.851. Pada uji kolerasi menunjukkan bahwa berpengaruh positif dilihat hasil nilai R square sebesar 64,2% dan 35,8% dipengaruhi oleh metode pembelajaran lainnya. Pada uji t didapatkan hasil t hitung = 6.818 dan t tabel = 0.3739 sehingga terdapat hubungan antara variabel x dan variabel y dikarenakan t hitung lebih besar dari t tabel.

Article Details

How to Cite
Bashori, A., Ayani Suparto, A. ., & Shofan Razaqi, R. . (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Semester Genap Kelas X Multimedia Di SMKS Ibnu Kholdun Al-Hasyimi Tahun Pelajaran 2020-2021. Holistic Science, 1(2), 29–32. https://doi.org/10.56495/hs.v1i2.19
Section
Articles

References

Achdiyat, M. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. 6(1), 50–61.

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan metode pembelajaran.

Amir, N. F., Magfirah, I., & Malmia, W. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. 1.

Dewi, S., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan sosial siswa kelas V SDN Tangkil 01 Wlingi. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 281–288.

Hidayat, Y. M. (2014). Persepsi siswa terhadap pola interaksi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di smp dua mei ciputat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jauvani, E. (2017). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan?: Studi Kasus pada Tenaga. 4(1), 221–228.

Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non-Example untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar-dasar Pemesinan. 6, 98–106.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. 11(1), 9–16.

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111

Pratiwi, L. L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 uaro Jambi. 21(1), 1–9.

Purnamaningrum, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011-2012..