Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Videoscribe Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Siswa Kelas X TKJ di SMK Nurul Huda Kapongan
Main Article Content
Abstract
Jenis penelitian yang akan dilakukan ini masuk ke dalam penelitian pengembangan, dimana pada penelitian ini akan membuat sebuah produk baru untuk mendukung sistem pembelajaran. Pengembangan dilakukan pada materi ajar mengenal komponen-komponen komputer pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan dasar, dengan media berupa video animasi tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dasar siswa kelas X TKJ di SMK Nurul Huda Kapongan. Berdasarkan modifikasi tersebut prosedur penelitian dan pengembangan ini akan melalui beberapa langkah. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut: (1) Research and information collecting, (2)Planning , (3)Develop Preliminary from of product, (4)Main Field Testing, (5)Main Product Revision, (6)Preliminary Field Testing, (7)Dissemination and Implementation Setelah media diproduksi kemudian media diujicobakan pada ahli materi, ahli media, kemudian diujicobakan terhadap responden siswa kelas x tkj berjumlah 29 orang, untuk mengetahui kelayakan produk dan daya tarik dari responden, sehingga dapat diambil simpulan bahwa pengembangan media video pembelajaran berbasis videoscribe pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk siswa kelas x tkj di SMK Nurul Huda Kapongan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
T. Nurseto, “Membuat Media Pembelajaran yang Menarik,” J. Ekon. dan Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 19–35, 2012, doi: 10.21831/jep.v8i1.706.
A. Busyaeri, T. Udin, and A. Zaenudin, “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon,” Al Ibtida J. Pendidik. Guru MI, vol. 3, no. 1, pp. 116–137, 2016, doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584.
S. Arico Ayani and R. S. Razaqi, “Penerapan Cisco Packet Tracer Sebagai Media Pembelajaran Jaringan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X TKJ di SMK 2 Ibrahimy Sukorejo,” J. IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, vol. 7, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.36841/pgsdunars.v7i1.405.
R. H. Wirasasmita and Y. K. Putra, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash,” EDUMATIC J. Pendidik. Inform., vol. 1, no. 2, p. 35, 2018, doi: 10.29408/edumatic.v1i2.944.
A. S. Pamungkas, I. Ihsanudin, N. Novaliyosi, and I. A. V. Yandari, “Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika,” Prima J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, p. 127, 2018, doi: 10.31000/prima.v2i2.705.
N. Yusuf, “PENGERTIAN JARINGAN DASAR KOMPUTER,” 17 juni, 2016. http://nurohmanyusuf.blogspot.com/2016/06/pebgertian-jaringan-dasar-komputer.html.