Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ SMK Nurul Huda Kapongan Tahun Ajaran 2020-2021

Main Article Content

Siti Khotijah Tije
Rahmat Shofan Razaqi
Arico Ayani Suparto

Abstract

Berdasarkan data prapenelitian yang dilakukan, peneliti menemukan permasalahan bahwa pembelajaran Dasar Desain Grafis dilakukan dengan metode ceramah dengan di dukung media buku paket Dasar Desain Grafis, dengan metode ceramah yang monoton, penggunaan media yang kurang bervariasi dan menarik membuat siswa kurang berminat untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint dan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X TKJ SMK Nurul Huda Kapongan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Waterfall yang memiliki 5 tahapan yaitu tahap : Analisis Kebutuhan, Desain Produk, Validasi, Uji Coba Produk dan Pemeliharaan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh, yakni seluruh siswa kelas X TKJ SMK Nurul Huda Kapongan. Teknik pengumpulan data pada penelitian  adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunujukkkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint berdasarkan ahli materi mendapatkan kategori layak dengan skor rata-rata 51 dan ahli media mendapatkan kategori layak dengan skor rata-rata 55. Berdasarkan respon siswa media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint mendapatkan kategori setuju dengan skor rata-rata 38,35. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Khotijah Tije, S., Shofan Razaqi, R. ., & Ayani Suparto, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ SMK Nurul Huda Kapongan Tahun Ajaran 2020-2021. Holistic Science, 1(2), 46–51. https://doi.org/10.56495/hs.v1i2.23
Section
Articles

References

Ardiansah, F., & Miftakhi, D. R. 2019. "Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PowerPoint Bagi Tenaga Pendidik Paud". Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat.Vol. 6No. 1. 16-24.

Himam, M. W., Mufida, L., Zukhaira, Z., & Miftahudin, A. 2017. "Rolling Ball: Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas VIII MTs di Kabupaten Pekalongan". Lisan Al-Arab: Journal of Arabic Language And Arabic Teaching.Vol. 6No. 1. 50-55.

Jaya, I. P. N. P. K., & Dwirandra, A. 2014. "Pengaruh Pendapatan Asli Daerah pada Belanja Modal Dengan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Variabel Pemoderasi". E-Jurnal Akuntansi. Vol. 7 No. 1. 79-92.

Marfuah, S. 2016. "Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint Disertai Visual Basic For Application Materi Jarak Pada Bangun Ruang Kelas X". Vol. 1 No. 1. 41-48.

Ramdhani, E. C., Sapitri, J. E., & Rizkyansyah, M. 2018. "Sistem Informasi Penyewaan Peralatan Event Organizer Berbasis Web pada PT. Adecon Jakarta". Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.Vol. 1 No. 3.

Ramli, M. 2018. "Pengaruh Pengendalian Persediaan Bahan Baku Terhadap Proses Produksi Produk Mountea". Jurnal Ekonomi Balance Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Vol. 4 No. 2. 110-132.

S, Karo-karo, Rasyid, I. R. 2018. "Manfaat Media Dalam Pembelajaran". Vol. VII No.1. 6.

Sari, P. 2015. "Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-learning". Ummul Quro.

Sianturi, B. S., & Dongoran, J. 2019. "Pengembangan Buku Ajar Inovatif IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Sesuai Kurikulum 2013 di SMP Se-kabupaten Tapanuli Tengah". Jurnal Darma Agung. Vol. 27 No. 3. 1111–1123.

Solihah, I., Susilawati, R. A. E., & Sari, A. R. 2016. "Analisis Pencatatan dan Penilaian Persediaan Sesuai Dengan PSAK No. 14 pada Sarinah Department Store Basuki Rachmat Malang". Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi. Vol. 4 No. 1.

Syahputra, A., & Maulida, R. 2019. "Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia (Studi Kasus: SMK TI Swasta Budi Agung Medan)". JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama).Vol. 3 No. 1. 15–21.